Tujuh Negara Sudah Kantongi Tiket Ke Piala Dunia 2018

Timnas Belgia memastikan diri menjadi negara Eropa pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Kepastian itu diperoleh setelah tim berjuluk Rode Duivels (The Red Devils) mengalahkan Yunani dalam pertandingan kedelapan di Grup H babak kualifikasi zona Eropa dengan skor tipis 2-1.

Belgia kini duduk di puncak klasemen Grup H dengan mengoleksi 22 poin, yang membuat mereka tidak mungkin terkejar lagi oleh pesaing terdekat, Bosnia-Herzegovina di peringkat kedua karena tinggal menyisakan dua laga lagi.

Belgia menyusul lima negara lain yang terlebih dulu memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kelima negara itu adalah Rusia, yang otomatis lolos karena berstatus sebagai tuan rumah, brasil dari zona CONMEBOL, Jepang, Iran dan Korea Selatan dari Asia, serta Meksiko dari zona CONCACAF.

Tim yang Melangkah dengan Meyakinkan ke Piala Dunia 2018

Brasil berhasil lolos sebagai wakil zona CONMEBOL setelah mengalahkan Ekuador dua gol tanpa balas. Di laga berikutnya, Brasil ditahan imbang Kolombia dengan skor 1-1. Tim Samba kini mengoleksi 37 poin dari total 16 pertandingan yang telah mereka lakoni. Adapun sisa dua pertandingan tidak akan membuat posisi Brazil terusik para pesaing terdekatnya, bahkan oleh Kolombia di peringkat kedua yang baru mengumpulkan 26 poin.

Sementara itu, Meksiko berhasil menjadi perwakilan zona CONCACAF setelah mengalahkan Panama 1-0 di laga ketujuh. Meksiko kini mengoleksi poin 17. Hasil tersebut membuat perolehan poin mereka bertambah menjadi 17. Meski berada di puncak, posisi mereka masih bisa direbut oleh Kosta Rika dan Amerika Serikat di peringkat kedua dan ketiga, namun mereka tetap akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 karena jatah tiga kontestan untuk zona CONCACAF.

Iran, Jepang dan Korea Selatan menjadi tiga perwakilan dari zona Asia yang siap bersaing di Rusia tahun depan. Iran memastikan diri lolos terlebih dahulu sebelum disusul oleh Jepang yang telah mengumpulkan poin 20 di Grup B kualifikasi zona Asia dan tidak mungkin dikejar oleh pesaing terdekatnya, Arab Saudi dan Australia yang sama-sama mengoleksi poin 16. Sementara itu Korea Selatan lolos dari Grup A usai menahan imbang Uzbekistan 0-0 di pertandingan terakhir.

Dengan jumlah tujuh tim yang memastikan diri ke putaran final Piala Dunia 2018 berarti masih tersisa 25 tempat lagi yang bisa diperebutkan oleh tim-tim lainnya. Berikut adalah tim-tim yang berpeluang lolos ke Rusia tahun depan dari masing-masing zona kualifikasi

Tim yang Masih Berpeluang Lolos ke Rusia

Dari zona Eropa, Jerman menjadi tim yang punya peluang terbesar untuk segera memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Beberapa tim besar Eropa lainnya, seperti Spanyol, Prancis, dan Italia justru masih perlu menunggu hasil pertandingan kesembilan atau 10 karena perolehan poin mereka masih sangat dekat dengan perolehan poin para pesaingnya di masing-masing grup kualifikasi.

Di zona CONMEBOL, Argentina, Cile, Uruguay, Peru, dan Kolombia masih bersaing ketat untuk memperebutkan tiga tiket tersisa untuk zona Amerika Selatan menuju ke Piala Dunia 2018.

Sementara di zona AFC, persaingan ketat akan terjadi di babak play-off. Australia akan menghadapi Suriah di babak play-off untuk kemudian melakoni babak berikutnya melawan Amerika Serikat dari CONCACAF.

Dua tempat untuk lolos langsung ke putaran final Piala Dunia dari zona CONCACAF sejauh ini masih diperebutkan oleh beberapa tim, diantaranya Kosta Rika dan Honduras. Seperti disebutkan tadi, Amerika Serikat dipastikan akan melewati babak play-off melawan tim asal Asia, yang tentunya sangat tricky.

Di Zona Afrika, masih sulit memprediksi siapa yang akan lolos ke Rusia. Beberapa grup menjadi grup neraka yang dihuni oleh tim-tim unggulan seperti Nigeria dan Kamerun di Grup B, serta Pantai Gading yang bersaing dengan Maroko di Grup C. Akan tetapi, Kamerun sudah dipastikan habis dan tidak akan mengikuti Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sementara itu dari zona Oseania, timnas Selandia Baru memiliki peluang lolos melalui babak ­play-off setelah di final leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Oseania mereka berhasil mengalahkan Kepulauan Solomon dengan 6-1. Akan tetapi, lawan berat siap menanti mereka di babak play-off. Mereka kemungkinan akan bertemu salah satu tim kuat dari zona Amerika Selatan, yakni di antara Kolombia, Uruguay, Chile, Peru, Argentina, Paraguay, dan Ekuador.