Rusia Siapkan 4 Stadion Megah untuk Menyambut Piala Dunia 2018

Bandar bola Piala dunia 2018 – Sejak terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia telah mempersiapkan banyak hal demi mensukseskan perhelatan akbar empat tahun sekali tersebut. Persiapan Rusia itu pun tidak main-main.

Keseriusan Rusia dalam menjadi tuan rumah salah satunya ditunjukkan dengan mempersiapkan sebanyak 12 stadion untuk menggelar pertandingan-pertandingan besar di Piala Dunia 2018. Adapun keseriusan ini juga didasari rasa bangga yang Rusia miliki, setalah mereka akhirnya berhasil terpilih sebagai tuan rumah kompetisi sepakbola paling akbar di dunia ini.

Sejauh ini, beberapa stadion masih dalam tahap persiapan dan diperkirakan bakal rampung pada akhir tahun 2017 ini. Adapun kedua belas stadion yang telah dipersiapkan Rusia untuk pertengahan tahun 2018 nanti adalah sebagai berikut.

  1. Ekateriburg Arena (Ekaterinburg)
  2. Fisht Olympic Stadium (Sochi)
  3. Kazan Arena (Kazan)
  4. Kaliningrad Stadium (Kaliningrad)
  5. Luzhniki Stadium (Luzhniki, Moskwa)
  6. Otkrytiye Arena (Moskwa)
  7. Saransk Arena (Mordovia)
  8. Nizhny Novgorod Stadium (Nizhny Novgorod)
  9. Levberdon Arena (Rostov-on-Don)
  10. Cosmos Arena (Samara)
  11. Zenit Arena Stadium/Krestovsky Stadium (Saint Petersburg)
  12. Pobeda Arena (Volgograd)

Dari kedua belas stadion yang telah dipersiapkan tersebut, diketahui ada empat stadion yang memiliki keistimewaan tersendiri, berupa desain interior dan eksterior yang menawan dan mewah. Empat stadion tersebut adalah Kazan Arena, Zenit Arena Staduim, Arena Otkrytiye, dan Fisht Olympic Stadium.

Keempat stadion itu juga telah diujicobakan dalam perhelatan Piala Konfederasi 2017, yang dilangsungkan pada bulan Juni lalu. Seperti apa megahnya stadion yang dipersiapkan khusus untuk Piala Dunia 2018 itu? Berikut gambaran kemegahan empat stadion tersebut, dilansir dari ArchitecturalDiggest.

Kazan Arena

Kazan Arena merupakan kandang dari tim Liga Rusia, Rubin Kazan. Stadion ini telah dipersiapkan sejak Juli 2013 lalu, dengan menghabiskan biaya sekitar USD 450 juta. Firma Arsitektur Populus yang berbasis di New York merancang stadion Kazan Arena sedemikian rupa, sehingga stadion megah ini mampu menampung hingga 45.379 penonton. Pastinya venue ini akan menjadi salah satu tempat yang menjadi saksi lahirnya juara dunia baru tahun depan.

Krestovsky Stadium

Krestovsky Stadium atau yang juga dikenal sebagai Zenit Arena Stadium ini terletak di kota Saint Petersburg. Konon dana yang diperlukan untuk membangun stadion megah ini mencapai USD 1,4 miliar. Seorang arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa, diketahui sebagai perancang struktur bangunan stadion yang selama ini menjadi hombase bagi tim Zenit Saint Petersburg. Krestovsky Stadium biasanya mampu menampung penonton hingga sebanyak 68.000 orang. Akan tetapi, untuk kepentingan Piala Dunia 2018 ini, kapasitas stadion akan ditingkatkan hingga menjadi 80.000 orang.

Arena Otkrytiye

Stadion ini menjadi kandang bagi timnas sepak bola Rusia, sekaligus markas klub Liga Rusia, Spartak Moskwa. Arena Otkrytiye dibangun dengan menghabiskan biaya sebesar USD 430 juta. Stadion ini dibangun sebagai buah kerjasama antara Firma Teknik Amerika AECOM dan perusahaan Arsitektur Inggris, Dexter Moren Associates, yang bertempat di Moskow. Pembangunan stadion ini sudah selesai pada tahun 2014 silam. Nantinya, Arena Otkrytiye bisa menampung 45.360 penonton yang ingin menyaksikan kiprah pemain-pemain bintang di Piala Dunia 2018 mendatang.

Fisht Olympic Stadium

Fisht Olympic Stadium adalah stadion terbuka yang terletak di Sochi. Nama Fisht sendiri diambil dari gunung Fisht, yang terletak di Krai kasnodar, Rusia. Stadion ini didesain oleh Perusahaan Amerika Populous. Stadion yang awalnya dibangun untuk kepentingan perhelatan Olimpiade Musim Dingin 2014 ini memiliki kapasitas 40.000 orang. Tetapi untuk menyambut hajatan besar Piala Dunia 2018 mendatang, kapasitas tempat duduk rencananya akan ditingkatkan lagi hingga mampu menampung 47.660 penonton.

Selain mempersiapkan stadion-stadion megah, saat ini Rusia juga tengah menggenjot persiapan fasilitas umum, yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para penggemar sepakbola dari seluruh belahan dunia yang akan datang ke Rusia pada pertengahan tahun 2018 nanti.

Rusia menginginkan kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga para penikmat Piala Dunia baik yang datang langsung ke Rusia maupun yang menonton melalui layar kaca akan terkesan dan selalu mengingat perhelatan akbar sepakbola empat tahunan sekali itu di tanah Rusia.