Profil Zlatan Ibrahimovic, Manchester United

Bandar online poker – Zlatan Ibrahimovic dikenal sebagai pesepakbola dengan karakter yang sangat kuat, baik di dalam maupun di luar lapangan. Zlatan lahir di Rosengard, Malmo, Swedia pada tanggal 3 Oktober 1981. Pada saat ini ia berkarier di Premier League untuk klub Manchester United. Ia sempat menjadi pemain sekaligus kapten untuk tim nasional Swedia, sebelum memutuskan pensiun dari dunia sepakbola internasional pada pertengahan tahun 2016 lalu. Pada Februari 2009 lalu, Ibrahimovic pernah jadi pesepakbola dengan bayaran termahal sejagat.

Ibrahimovic lahir dari pasangan Sefik (Ayah) dan Jurka (Ibu), yang mana masing-masing adalah pendatang dari Bosnia dan Kroasia. Ibrahimovic di umur 8 tahun mulai bermain sepakbola, sebelum akhirnya berhimpun dengan tim di kota kelahirannya, Malmo FF. Saat usianya 15 tahun, Ibra nyaris berhenti dari sepak bola. Namun, pelatihnya pada saat itu memberikan keyakinan pada Ibra muda untuk tetap mengejar impiannya.

Zlatan Ibrahimovic lalu meneken perjanjian kontrak profesional pertamanya utnuk Malmo FF di tahun 1996. Kemudian Ibra dipromosikan ke klub utama di musim 1999. Pada 22 Maret 2001, ia lalu direkrut Ajax Amsterdam dengan mahar 7,8 juta euro.

Di Ajax, Ibrahimovic tidak mendapat kepercayaan penuh dari pelatih Co Adriaanse. Namun semenjak Ajax ditukangi oleh Ronald Koeman pada 29 November 2001, Ibra menjadi bagian dari tim inti serta ikut mengantar Ajax memenangkan titel Eredivisie musim 2001-2002.

Penampilan apiknya bersama Ajax membuat Ibrahimovic dipanggil ke timnas dan mengawali kiprahnya untuk timnas Swedia di pertandingan persahabatan kontra Kepulauan Faroe pada 31 Januari 2001. Adapun laga kompetitif pertamanya adalah di babak Kualifikasi Piala Dunia 2002 kontra Azerbaijan pada tanggal 7 Oktober 2001.

Ada kisah unik pada tahun 2004, kala Ibrahimovic justru membuat Rafael van der Vaart cedera ketika keduanya bertemu di laga internasional anatara Swedia kontra Belanda. Van der Vaart merupakan rekan setim Ibra di Ajax saat itu. Bahkan Van der Vaart sampai menuduh Ibrahimovic memang berniat membuatnya cedera. Alasan itulah yang menyebabkan Ibrahimovic hijrah ke Juventus pada tanggal musim panas 2004 dengan transfer 19 juta euro.

Bersama I Bianconeri, Zlatan Ibrahimovic langsung menjadi jadi penggawa utama. Namun sempat terjadi skandal Calciopoli yang melibatkan Juve pada musim 2005-2006. Hal itu membuat Juve mesti turun kasta ke Serie B. Ibrahimovic pun pada akhirnya mengambil keputusan untuk mencari tim baru, walau sempat dibujuk oleh staff Juve yang baru saat itu. Ia lalu menyeberang ke klub rival, Inter Milan dengan perjanjian kontrak 4 tahun serta mahar 12 juta euro pada musim panas 2006.

Ibra tampaknya tidak betah kalau harus bertahan di satu tim dalam kurun yang lama. Ia pun lalu menjajal peruntungan bersama Barcelona di La Liga. Pada 29 Nopember 2009, Ibrahimovic sukses menceploskan gol debutnya pada pertandingan El Clasico melawan Real Madrid. Golnya itu mengantarkan Barca meraih kemenangan 1-0 atas seteru abadi mereka. Akan tetapi Ibra lalu memutuskan untuk pulang kembali ke Serie A.

Di awal musim 2010/11 ia kembali ke Kota Milan, tapi kali ini untuk berhimpun ke AC Milan. Saat itu satatusnya adalah pemain pinjaman Bandar online poker, dibarengi opsi pembelian permanen di musim selanjutnya. Akan tetapi Milan lalu malah melepas Ibra ke Paris Saint-Germain di awal musim 2012/13 dengan mahar 20 juta poundsterling. Sejak bergabungnya Ibra ke Ligue 1 ia pun jadi salah satu pesepakbola dengan bayaran paling tinggi dengan menerima 220 ribu poundsterling per minggu.

Ligue 1 benar-benar dikuasai oleh PSG dan Ibra, dengan menjadi juara di empat musim beruntun. Tapi sayangnya, prestasi PSG di ajang Liga Champions masih belum sesuai ekspektasi. Hingga pada akhirnya Ibrahimovic pergi ke Premier League untuk bergabung ke Manchester United secara gratis. Hal itu terjadi setelah Ibra menolak perpanjangan kontrak dari manajemen PSG di akhir musim 2015/16. Adapun alasan bomber Swedia itu bergabung ke MU adalah karena permintaan dari pelatih Jose Mourinho, yang mana sangat ia hormati kala sama-sama bekerja di Inter Milan beberapa tahun lalu. Saat ini Zlatan Ibrahimovic mempunyai kontra setahun di Old Trafford, dengan opsi perpanjangan kontrak di akhir musim 2016/17.