Profil Henrikh Mkhitaryan sang pemain bola profesional Manchester United
Profil Henrikh Mkhitaryan, Manchester United
May 12, 2017
Profil Simon Mignolet sang penjaga gawang Liverpool
Profil Simon Mignolet, Liverpool
May 14, 2017

Profil Thiago Alcantara, Bayern Munich

Profil pemain bola Thiago Alcantara dari tim Bayern Munich

Bayern Munich Thiago Alcantara do Nascimento, atau yang lebih dikenal dengan nama Thiago Alcantara, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang kini bermain di bawah naungan Bayern Munchen. Selain bermain untuk klub tersebut, Thaigo juga diketahui merupakan seorang anggota timnas Spanyol. Dalam pertandingan, Thiago bermain sebagai seorang gelandang tengah.

Thiago lahir di San Pietro Vernotico, Italia. Thiago merupakan putra dari Maznho, yang merupakan seorang pesepakbola untuk timnas Brazil yang juga bermain untuk klub U.S. Lecce. Saat tinggal bersama ayahnya di Brasil, Thiago bermain untuk klub usia dini Flamengo. Barulah, saat ia pindah bersama ayahnya ke Spanyol, ia bermain untuk klub bernama Ureca. Kemudian, karena ayahnya pindah, maka Thiago terpaksa ikut pindah bersama sang ayah dan bermain untuk Kelme CF.

Ia sempat pindah kembali ke Brasil, tepatnya pada tahun 2001 dan kembali ke Flamengo. Namun, di tahun 2005, ia kembali pindah ke Spanyol dan akhirnya bermain untuk klub Barcelona. Di sinilah karir Thiago benar-benar dimulai.

Pada 17 Mei 2009, Thiago memulai debutnya bersama Barcelona melawan RCD Mallorca sebagai pemain pengganti yang masuk lapangan pada menit ke-74. Sayangnya, pertandingan itu berakhir dengan kekalahan bagi Barcelona dengan skor tipis 1-2.

Selanjutnya, pada 20 Februari 2010, setelah dimasukkan ke lapangan sebagai pengganti untuk Yaya Toure di menit ke-76, Thiago berhasil mencetak gol pertamanya untuk Barcelona dalam pertandingan melawan Racing de Santander yang berkahir dengan skor kemenangan 4-0 untuk Barcelona. Selanjutnya, ia membuat gol ketiganya saat Barcelona berhadapan dengan Real Sociedad, meski saat itu Barcelona kalah 1-2. Musim 2010-2011 pun diakhiri oleh Thiago dengan melakukan 17 pertandingan  di mana dalam pertandingan-pertandingan itu ia berhasil membuat 3 gol dan 3 assist.

Berlanjut ke musim 2011-2012. Pada musim ini, Thiago memulai debutnya saat Barcelona melawan rival sejatinya, yakni Real Madrid. Dalam pertandingan itu, Thiago diturunka sebagai pemain pengganti untuk Xavi di menit ke-58.

Ia justru tidak dimainkan saat Barcelona mengalahkan FC Porto di UEFA Super Cup 2011. Tidak berhenti sampai di situ, Thiago kembali dimainkan saat Barcelona melawan Villareal di La Liga. Pertandingan itu berakhir dengan skor 5-0 dengan kemenangan untuk Barcelona di mana salah satu gol tersebut merupakan sumbangan dari Thiago.

Pada bulan Desember 2011, tepatnya tanggal 18, Thiago memulai gol pertama dari 4 gol yang berhasil dibuat Barcelona dalam pertandingan final Club World Cup di International Stadium Yokohama. Kemudian, pada 29 April 2012, Thiago juga berhasil menyumbang 1 buah gol untuk Barcelona dalam laga melawan Rayo Vallecano. Gol tersebut merupakan gol ke-5 dari 7 gol yang berhasil dibuat oleh Barcelona.

Thiago Alcantara kemudian ditawar oleh Bayern Munchen dengan nilai sebesar 25 milliar pound. Tawaran itu pun diterima dan Thiago segera memulai debutnya bersama Bayern Munchen dalam sebuah laga melawan Borussia Dortmund dalam DFL-Super Cup pada 27 Juli 2013 dengan skor kemenangan 4-2. Setelah itu, Thiago juga memulai debutnya dalam liga ternama Jerman, Bundesliga, pada 11 Agustus 2013 dalam sebuah laga melawan Eintracht Frankfurt. Pertandingan itu berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 untuk Bayern Munchen.

Thiago Alcantara sempat mengalami cedera parah dalam pertandingan melawan 1899 Hoffenheim. Alhasil, ia harus absen selama 1 tahun lebih untuk pemulihan. Akhirnya, pada 4 April 2015, Thiago Alcantara turun dan menggantikan Philip Lahm di 21 menit terakhir pertandingan melawan Borussia Dortmund yang berakhir dengan skor kemenangan 1-0.

Kini, Thiago masih bermain dengan Bayern Munchen. Ia telah menandatangani kontrak selama 4 tahun dengan Bayern pada 27 Agustsu 2015 silam.

Sebagai tambahan informasi, ayah Thiago, Mazinho, ternyata juga merupakan salah satu anggota timnas Brasil yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia 1994 silam. Ibunya juga menularkan darah olahraga yang amat kental, karena Valeria Alcantara adalah seorang mantan pemain voli. Seperti diketahui, Thiago juga mempunyai adik, yakni Rafinha Alcantara yang bermain untuk Barcelona di La Liga. Jadi bisa dibilang keluarga Thiago Alcantara memang punya DNA olahraga yang sangat kuat.