Profil pemain bola Thiago Alcantara dari tim Bayern Munich
Profil Thiago Alcantara, Bayern Munich
May 13, 2017

Profil Simon Mignolet, Liverpool

Profil Simon Mignolet sang penjaga gawang Liverpool

LiverpoolSimon Luc Hildebert Mignolet, atau yang lebih dikenal dengan Simon Mignolet, adalah seorang pemain sepakbola yang berperan sebagai penjaga gawang. Mignolet kini bermain untuk membela klub Inggris, Liverpool. Ia, Simon Mignolet, juga merupakan seorang anggota timnas Belgia yang telah bergabung sejak berada di rentang usia U-16.

Mignolet memulai karir sepakbolanya dengan bergabung bersama Sint-Truden, yang merupakan klub divisi kedua dari Belgia, pada 2004. Ia menghabiskan 6 tahun di klub tersebut. Dalam masa keanggotaannya tersebut, ia berhasil tampil sebanyak 100 kali dalam liga senior dan mencetak sebuah gol.

Pada 17 Juni 2010, Mignolet akhirnya dinyatakn pindah ke Sunderland dan memulai karirnya di kancah Liga premier. Ia ditransfer dengan biaya sebesar 2 milliar pound. Dalam penawaran ini, ternyat Sunderland telah memberikan harga yang lebih tinggi untuk mengalahkan penawar lain, yakni PSV Eidenhoven, FC Twente, dan Udinese. Dengan mengalahkan 3 saingan, maka akhirnya Sunderland berhasil mendapatkan tanda tangan Mignolet untuk 5 tahun.

Bersama dengan Sunderland, Mignolet membuat debut pertamanya dalam sebua pertandingan seri antara Sunderland dengan Birmingham City pada 15 Agustus 2010. Meski berakhir imbang, Mignolet mendapatkan gelar “man of the match” karena kepiawaiannya menyelamatkan gawang.

Selanjutnya, saat membela Sunderland daam sebuah laga kandang melawan Manchester City, Mignolet berhasil meraih “clean sheet” pertamanya, yakni sebuah sebutan untuk kiper yang mampu menjaga gawang tetap bersih dari gol sepanjang pertandignan. Dengan satu buah gol dari Sunderland, maka pertandingan tersebut menjdai berakhir 1-0 dengan kemenangan di tangan Sunderland.

Setelah pertandingan melawan Arsenal di mana Mignolet gagal menyelamatkan gawang di injury time, tepatnya menit ke-95, dan membuat hasil pertandingan menjadi imbang 1-1, Mignolet tidak dijadikan penjaga gawang utama lagi. Ia digantikan oleh Craig Gordon yang tampil selama beberapa minggu. Namun, Gordon mengalami cedera lutut sehingga Sunderland tidak punya pilihan selain menurunkan Mignolet kembali.

Mignolet berhasil memperbaiki kemampuannya dan ia tetap bermain dalam setiap pertandingan di musim tersebut. Selain itu, Mignolet juga berhasil meningkatkan jumlah clean sheet yang ia miliki. Ia juga berhasil mendapatkan banyak gelar “man of the match” di musim itu. Bahkan, pada Desember 2012, Joe Hart yang merupakan penjaga gawang Manchester City dan juga timnas Inggris akhirnya memberikan komentar tentang Mignolet. Ia mengatakan bahwa Mignolet merupakan penjaga gawang terbaik dalam liga tersebut.

Pada 25 Juni 2013, karir Mignolet di Sunderland harus berakhir karena ia dipindahkan ke Liverpool dengan biaya tebusan transfer sebesar 9 milliar pound. Manager Liverpool Brendan Rodgers mengatakan bahwa Mignolet merupakan penjaga gawang terbaik dalam Liga premier musim itu

Pada 13 Juli 2013, Mignolet memulai debutnya bersama Liverpool dalam sebuah laga persahabatan melawan Preston North End. Setelah itu, pada 17 Agustsu 2013, Mignolet akhirnya memulai debut liganya secara resmi bersama Liverpool dalam sebuah laga melawan Stoke City di Anfield. Pada menit ke 89 di pertandingan ini, Mignolet berhasil menyelamatkan penalti yang dieksekusi oleh Jonathan Walters. Bola pantul tersebut kemudian disambut dan dilanjutkan dengan tendangan balasan oleh Kenwayne Jones. Namun, tendangan ini uga berhasil ditepis oleh Mignolet sehingga ia berhasil membuat Liverpool memenangkan pertandingan tersebut.

Perjalanan Mignolet dengan Liverpool terus berlanjut dan ia menandatangani kontrak baru selama 5 tahun dengan Liverpool. Setelah menjalani 5 pertandingan di awal musim, pelatih liverpool Jurgen Klopp mengatakan bahwa Mignolet tidak lagi menjadi pilihan utama karena dipersiapkan untuk EFL Cup.

Sementara untuk karier internasionalnya, Simon Mignolet pertama kali dipanggil memperkuat timnas Belgia U-21 pada tahun 2008. Baru dua tahun kemudian, tepatnya pada 1 September 2010, ia dipanggil timnas senior setelah menjalani musim yang cukup apik bersama Sunderland di Premier League. Debutnya bersama tim nasional berbuah manis, kala Belgia sukses membungkam Austria 2-0 pada kualifikasi Piala Eropa 2012 silam. Hingga dengan perhelatan Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016, Mignolet terus rutin dipanggil memperkuat timnas Belgia, walau ia hanya menjadi pelapis kiper utama Thibaut Courtois.