Bola Tangkas – Siapa tak kenal Sergio Ramos, si penanduk bola ulung, yang sering membuat para pendukung lawan menangis di menit-menit akhir pertandingan. Ya, bek Real Madrid dan timnas Spanyol ini memang punya keahlian khusus selain sekadar menjaga pertahanan, yakni mencetak gol. Ramos terbilang produktif dalam mencetak gol, baik bersama klub atau timnas, walau posisinya adalah seorang pemain belakang.

Pemain bernama lengkap Sergio Ramos Garcia, lahir pada 30 Maret 1986. Sewajarnya ia diposisikan sebagai bek tengah, tapi juga fasih bermain sebagai bek kanan. Saat ini, selain mengapteni Real Madrid, Ramos juga menjabat sebagai kapten tim nasional Spanyol, setelah Iker Casillas tidak secara reguler lagi dipanggil ke Tim Matador.

Sergio Ramos mempunyai karakter bermain yang kuat, dengan kemampuannya memenangkan bola-bola udara. Hal itu membuat nyali lawan menciut kala menghadapi Ramos di kotak penalti dalam situasi bola mati. Ia juga seorang bek dengan tekel-tekel yang agresif. Larinya cukup cepat, kemampuan teknikalnya juga baik. Bahkan kemampuannya mendistribusikan bola dan melakukan crossing, juga tidak kalah bagus dengan pemain-pemain di posisi lainnya.

Harian olahraga Spanyol, Marca pernah mencatatkan kalau bek internasional Spanyol itu pernah mencatatkan sprint dengan kecepatan 30.6 km/jam. Tapi di luar prestasinya itu, Sergio Ramos memang tak lepas dari berbagai kritikan. Ramos kerap bersikap tidak disiplin dan saat ini memegang rekor sebagai penerima kartu banyak terbanyak di Real Madrid. Tapi berkat kemampuannya yang luar biasa dalam menggalang pertahanan tim, mantan pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti, membandingkannya dengan sosok bek legendaris AC Milan, Paolo Maldini. Bahkan Ancelotti pernah beberapa kali memainkan Ramos sebagai gelandang bertahan di musim 2014/15.

Walau saat ini nama Sergio Ramos sakat lekat dengan kubu Los Blancos, akan tetapi karier sepakbola Ramos sebenarnya tidak dimulai dari Real Madrid. Sebagai pemain kelahiran Camas, Seville, Andalusia, Ramos memulai kariernya bersama klub tempat kelahirannya, Sevilla. Ia memulai dari klub muda di akademo Sevilla bersama beberapa pemain seperti Jesus Navas dan Antonio Puerta. Penampilan apiknya lalu membuat tim utama memanggilnya. Adpaun debut Ramos di La Liga adalah pada 1 Februari 2004, dengan menjadi pemain pengganti di menit ke-64, menukar Francisco Gallardo di laga kontra Deportivo La Coruna.

Sepanjang musim 2004/05, Ramos bermain sebanyak 41 kali untuk Sevilla di semua ajang. Ia sukses menempatkan timnya finis di posisi keenam klasemen akhir, dan meloloskan timnya ke Liga Europa (UEFA Cup). Di ajang itu pula Ramos sukses mencetak gol internasional pertamanya untuk klub, saat menghadpai CD Nacional di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan.

Setelah tampil cukup gemilang bersama Sevilla, Ramos menyeberang ke kota lainnya untuk bergabung ke Real Madrid. Itu terjadi pada musim panas 2005 Bola Tangkas , kala raksasa Spanyol memboyongnya dengan mahar 27 juta euro dari Sevilla. Nilai tersebut menjadi rekor pembelian termahal untuk pemain muda di Spanyol. Dia adalah satu-satunya pemain asal Spanyol, yang dibeli pada era pertama kepemimpinan Presiden klub Florentino Perez.

Di klub asal ibukota, Sergio Ramos mengenakan nomor punggung empat, yang merupakan warisan dari Fernando Hierro. Tak butuh waktu lama bagi Ramos untuk memberikan kontribusinya. Gol debut bek tengah Los Merengues itu tercipta pada Desember 2005 di ajang Liga Champions, saat timnya ditekuk Olympiacos dengan skor 1-2. Selebihnya, bersama Real Madrid Ramos sukses memenangkan 13 gelar di kompetisi mayor dan menjadi top skorer di La Liga untuk posisi pemain belakang.

Sementara kariernya bersama tim nasional Spanyol juga tak kalah gemilang. Ramos memulai debutnya di usia 18 tahun. Pada tahun 2013, ia pun sukses menjadi pemain termuda Spanyol, yang mencapai 100 caps untuk timnas. Selama ini ia telah tampil di beberapa ajang internasional, di antaranya tiga edisi Piala Dunia dan tiga edisi Piala Eropa. Ramos juga menjadi bagian Tim Matador saat mereka memenangkan Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 secara berturut-turut.

Saat ini Sergio Ramos diketahui menjalni hubungan dengan jurnalis dan presenter Pilar Rubio sejak September 2012. Ia telah dikaruniai dua orang anak, yakni Sergio (lahir 6 Mei 2014) dan Marco (lahir 14 November 2015). Hubungan mereka itu dikonfirmasi keduanya saat hadir di malam FIFA Ballon d’Or Gala.