profil miralem pjanic pemain juventus
Profil Miralem Pjanic, Juventus
June 17, 2017
profil pemain bola torino fc andrea belotti
Profil Andrea Belotti, Torino
June 20, 2017

Profil Paulinho, Guangzhou Evergrande

Jose profil pemain Guangzhou Evergrande Paulino Bezerra Maciel Junior

Jose Paulino Bezerra Maciel Junior, atau yang lebih dikenal dengan nama Paulinho, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang kini membela klub asal Cina, Guangzhou Evergrande. Selain itu, ia juga aktif bermain di timnas Brasil. Ia bermain sebaga seorang gelandang. Paulinho sendiri sering digambarkan sebagai gelandang box-to-box, atau gelandang yang bisa melakukan berbagai fungsi dengan cukup baik. Hal ini diperolehnya dari kemampuannya dalam berlari serta gerakannya yang cukup bagus dalam memasuki kotak penalti. Ia juga memiliki kemampuan dalam menekan permainan ke depan, maupun kembali ke belakang untuk melakukan pertahanan.

Paulinho memulai karirnya dalam dunia sepakbola dengan bergabung bersama sebuah klub bernama Pao de Acucar. Di dalam klub tersebut, Paulinho bermain sebagai tim muda. Namun, setelah gagal menembus tim inti, Paulinho akhirnya bergabung bersama klub asal Lithuania, FC Vilnius pada 2006. Ia bermain dengan cukup baik dengan klub tersebut hingga dua musim lamanya di Lithuania. Ia juga tercatat telah mencetak 5 gol dari 38 pertandingan domestik yang dijalaninya bersama klub.

Namun, di penghujung musim 2007 dari LFF Lyga, FC Vilnius tergeser ke divisi kedua. Paulinho pun memilih hengkang dan bergabung bersama LKS Lodz di Polandia, yang kemudian diikuti oleh satu musim permainannya bersama klub tersebut. Setelah bermain sebanyak 17 kali bersama Lodz, Paulinho memutuskan untuk kembali ke negara asalnya dan bermain untuk klub pertamanya, Pao de Acucar pada musim panas 2008. Ia berhasil masuk ke tim inti dan bermain untuk klub tersebut selama satu musim saja, sebelum ia pindah ke klub Serie B, Bragantino pada 2009.

Saat bermain untuk Bragantino, Paulinho menarik perhatian klub asal Sao Paulo, yakni Corinthians. Ia lalu menandatangani kontran dengan klub tersebut dan segera memulai debutnya. Ia mencetak gol liga pertamanya untuk Corinthians pada 30 Mei 2010, setelah ia dimasukkan dari bangku cadangan dan mencetak gol ke-4 untuk klub tersebut dalam laga melawan Santos. Ia lantas ikut andil dalam berbagai kemenanganyang diraih Corinthians seperti Brasileirao 2011 dan juga 2012 Copa Libertadores. Ia bahkan menjadi satu-satunya pencetak gol dalam 2 leg pertandingan melawan Vasco da Gama. Gol tersebut ia cetak pada menit ke-87 di leg keduapada 23 Mei 2012. Gol tersebut lantas membawa Corinthians ke babak semi final.

Pada 10 November 2012, Paulinho menyerang sebanyak 2 kalihingga Corinthians berhasil memenangkan pertandingan melawan Coritiba pada pertandingan ke 35 liga. Selanjutnya, pada 16 Desember di tahun yang sama, Paulinho bersama dengan Corinthians memenangkan Piala Klub Dunia di Yokohama, di mana Paolo Guerrero mencetak gol penentu yang membuat Corinthians menang atas Chelsea dengan skor 1-0.

Selanjutnya, pada 6 Juli 2013, sebuah klub ternama Liga Premier yakni Totteham Hotspur, mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengontrak Paulinho setelah ia berhasil melalui uji kesehatan. Nilai transfer atas Paulinho dikabarkan mencapai angka 17 juta euro. Nilai ini merupakan rekor klub saat itu. Walau demikian, rekor tersebut segera dipecahkan oleh nilai transfer yang dibayarkan Tottenham Hotspur atas Roberto Soldado asal Valencia, serta Erik Lamela yang nilai transfernya mencapai angka 25,8 juta euro, dengan tambahan 4,2 juta euro sebagai pembayaran bonus.

Ia memulai debut Liga Premiernya bersama Tottenham Hotspur pada 18 Agustus 2013 dalam laga melawan Crystal Palace. Ia lantas mendapat gelar “Man of The Match”, walau kemenangan Tottenham Hotspur saat itu adalah berkat penalti yang sukses dieksekusi oleh Roberto Soldado. Paulinho mencetak gol pertamanya di Liga Premier untuk Tottenham Hotspur pada 22 September 2013 melawan Cardiff City. Gol tersebut menjadi penentu kemenangan Tottenham Hotspur karena pertandingan berakhir 1-0.

Pada 29 Juni 2015, setelah bermain selama 2 musim bersama Tottenham, Paulinho bergabung bersama klub asal Cina, Guangzhou Evergrande dengan nilai transfer sebesar 15 juta euro atau setara dengan 9,9 juta pound. Setelah bermain dengan cukup baik, ia lantas memperpanjang kontraknya dengan klub tersebut pada Januari 2017. Kontrak tersebut berlaku hingga 31 Desember 2020.