Livescore Chelsea – Pesepakbola Prancis bernama N’Golo Kante namanya mulai meroket sejak musim 2015/16. Lahir di Paris pada 29 Maret 1991, saat ini Kante telah menjadi pemain top di Eropa, yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Ia bermain untuk klub papan atas Premier League, Chelsea dan tim nasional Prancis.

Walau demikian, N’Golo Kante sebenarnya berasal dari Mali, merujuk pada kedua orangtuanya yang baru hijrah ke Prancis dari Mali pada tahun 1980. Kante memulai kariernya dari klub kecil bernama Boulogne. Ia memulai debut profesionalnya pada pertandingan terakhir di Ligue 2 Prancis pada 18 Mei 2012. Saat itu timnya kalah dan harus terdegradasi.

Kemudian di musim 2012/13, Kante dan timnya bermain di kasta ketiga sepakbola Prancis dan hanya melewatkan satu laga di musim tersebut. Pada 10 Agustus 2012, ia menceploskan gol debutnya di level senior.

Perjalanan N’Golo Kante lalu berlanjut ke klub Ligue 1, Caen. Ia bergabung pada tahun 2013 dan memainkan 38 laga di musim debutnya. Caen di musim itu sukses finis ketiga di akhir musim dan mendapat jatah promosi ke Ligue 1. Bermain di kasta tertinggi, Kante tetap menjadi andalan Caen. Total ia bermain 37 kali di musim itu dan hanya absen karena suspensi kartu. Performa konsistennya itulah yang membuatnya menarik perhatian pencari bakat Leicester City, Steve Walsh.

The Foxes pun pada akhirnya memboyong Kante ke Inggris untuk bermain di Premier League pada Agustus 2015. Dikabarkan kalau transfer Kante ini bernilai 8 juta euro. Lima hari kemudian, ia menjalani debutnya dengan menggantikan Jamie Vardy, delapan menit jelang bubaran laga kontra Sunderland. Tapi di sinilah peruntungannya dimulai. Ia dan timnya mulai merajut mimpi yang awalnya tidak diprediksi oleh pihak manapun.

Permainan Kante bersama Leicester di musim 2015/16 begitu konsisten dan impresif. Ia menjadi gelandang pengangkut air yang begitu tangguh dan bisa menjaga keseimbangan lini tengah tim. Kante mencatatkan jumlah tekel dan intersep tertinggi di Premier League. Bahkan pada bulan April 2016, ia masuk dalam PFA Team of the Year bersama tiga pemain Leicester lainnya. Kante pun terus bermain apik hingga berhasil membawa Leicester menjuara Premier League 2015/16 untuk kali pertama setelah penantian 140 tahun.

Di akhir musim ada catatan impresif yang menunjukkan kalau Kante melakukan 157 intersepsi. Kante menjadi salah satu kunci permainan Leicester di musim itu. Akan tetapi, kariernya bersama Leicester tidak bertahan lama. Di awal musim 2016/17, Chelsea dengan pelatih anyar mereka Antonio Conte berminat untuk memboyongnya ke Stamford Bridge. Kante pun bersedia untuk pindah. Nilai transfernya dikabarkan mencapai 32 juta poundsterling dengan kontrak selama lima tahun. Livescore

Di satu sisi, Leicester malah kehilangan keseimbangan di lini tengah setelah Kante pergi. Alhasil, di musim 2016/17 penampilan mereka menurun drastis. Jangankan gelar juara, masuk 10 besar pun mereka sangat susah payah. Bersama Chelsea, Kante mengaku merasa bahagia, karena dapat bergabung dengan salah satu tim terbesar di Eropa. Itu menjadi mimpi yang menjadi kenyataan baginya. Kante pun langsung  mengenakan nomor punggung tujuh, yang menganggur sejak Ramires hengkang dari Chelsea pada Januari 2016.

Bersama Chelsea, penampilan Kante juga masih konsisten seperti musim lalu. Hal ini sangat memudahkan The Blues untuk bisa meraih kemenangan demi kemenangan di musim 2016/17. Mereka pun berada dalam jalur menuju gelar juara berkat peran Kante yang begitu krusial di lini tengah. Berkat penampilan apiknya itu pula Kante terpilih untuk meraih penghargaan PFA Player of the Year. Ia juga masuk dalam PFA Team of the Year untuk kedua kalinya secara beruntun.

Sementara untuk kariernya di level internasional, N’Golo Kante memang baru memulai debutnya untuk timnas Prancis senior pada 17 Maret 2016. Sementara debtunya terjadi kala menghadapi Belanda di Amsterdam ArenA. Di ulang tahunnya yang ke-25 pada 29 Maret, Kante memberi hadiah spesial untuk dirinya sendiri dengan gol perdananya bagi Tim Ayam Jantan pada kemenangan 4-2 kontra Rusia di Stade de France. Berkat penampilan apiknya itu pula Kante masuk dalam skuat Didier Deschamps untuk ajang Piala Eropa 2016.