Berita bola – Gareth Frank Bale atau dikenal dengan Gareth Bale, lahir di Cardiff, Wales pada 16 Juli 1989 dari pasangan Frank dan Debbie. Ia merupakan pesepakbola profesional Wales, yang saat ini memperkuat klub La Liga Real Madrid serta timnas Wales. Bale umumnya menempati posisi sayap atau attacking midfielder.

Gareth Bale mengawali karier sepakbolanya di akademi Southampton pada tahun 2005. Sampai akhirnya ia dipromosikan ke tim senior Soton pada musim 2006–07. Pada Mei 2007 ia lalu menyeberang ke klub London, Tottenham Hotspur. Bale meneken perjanjian kontrak berdurasi empat tahun. Sepanjang menghabiskan kariernya di Spurs, Bale sempat menjadi seorang bek sayap, sebelum akhirnya perubahan pelatih dan taktikal tim membuatnya dialihkan ke posisi yang lebih ke depan.

Pada musim 2009/10, Bale jadi bagian penting bagi kubu Spurs. Perlahan-lahan namanya mulai naik dan mencuri perhatian publik internasional. Terutama sepanjang gelaran Liga Champions 2010/11. Di tahun 2011 dan 2013 Bale bahkan sempat dinobatkan sebagai PFA Players’ of the Year pada, serta masuk dalam UEFA Team of the Year pada dua tahun tersebut.

Bale memperoleh sanjungan dari banyak rekan setimnya, yang mengakui kalau Bale adalah pemain yang mempunyai kecepatan luar biasa, bisa melepas crossing dengan baik, kaki kiri yang kuat, serta kemampuan fisik yang hebat. Bakatnya itu membuat Real Madrid kepincut untuk mendatangkannya.

Pada akhirnya, di musim panas 2013, Gareth Bale berhimpun ke Real Madrid dengan perjanjian kontrak sepanjang enam tahun. Maharnya memang tidak diungkap secara resmi oleh pihak Spurs maupun Madrid. Tapi kepindahan Bale ke Santiago Bernabeu ini dipercaya menghabiskan dana sebesar 85,3 juta jadi poundsterling, yang mana menjadi transfer termahal di dunia saat itu. Bahkan biaya transfer Bale mengalahkan Cristiano Ronaldo, yang diboyong dengan harga £80 juta dari Manchester United.

Pada Desember 2013, Bale pernah terpilih oleh The Guardian sebagai pemain sepakbola ketujuh terbaik di dunia. Tapi sayangnya di paruh pertama musim 2013/14 performa Bale terusik oleh cedera. Para fans Madrid pun sempat meragukan kapasitas pemain yang saat itu berlabel termahal di dunia. Namun, perlahan tapi pasti penampilan Bale mulai konsisten. Itu dapat dilihat ketika Bale membantu Madrid menjuarai Liga Champions di musim 2013/14 dan 2015/16 bersama El Real.

Kerjasamanya dengan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan Madrid, membentuk sebuah trio mematikan yang disebut dengan BBC. Trio milik Real Madrid ini pula yang sering dibanding-bandingkan dengan trio milik Barcelona, MSN (Messi, Suarez, Neymar).

Gareth Bale tumbuh menjadi pemain yang semakin matang dan jadi satu di antara winger kiri paling baik sejagat. Gaya bermainnya sudah memenangkan hati banyak pelatih top di Eropa.  Eks penggawa Liverpool Mark Lawrenson pernah mengutarakan apa hal istimewa yang dipunyai Gareth Bale. Jawabannya sederhana saja, karena Bale adalah pemain paling cepat yang pernah ia lihat di atas lapangan.

Selain kesuksesan bersama klub, Bale juga berhasil menularkan penampilan apiknya itu di level timnas. Ia memulai Berita bola debutnya untuk timnas di tahun 2006. Tapi baru sepuluh tahun kemudian Bale bisa memberikan peran yang nyata untuk The Dragons. Bale menjadi salah satu bagian penting dari timnas Wales, yang berhasil lolos ke Piala Eropa 2016. Wales yang menjadi salah satu tim debutan di ajang itu mampu mengejutkan publik. Bale mengantarkan timnya melaju ke babak semi final, sebelum takluk dari Portugal.

Di luar lapangan, kehidupan Bale juga menarik untuk disimak. Selebrasinya saat mencetak gol dengan membentuk simbol hati telah didaftarkan ke Kantor Kekayaan Intelektual. Begitu pula dengan nomor punggung 11 yang ia kenakan untuk dipakai pada berbagai produk. Bale juga sempat menjadi sampul di FIFA 14, game besutan EA Sports untuk wilayah Inggris dan Irlandia.

Sementara itu kariernya di Real Madrid telah diperpanjang sampai tahun 2022 mendatang. Perjanjian kontrak baru itu ditandatanganinya pada 30 Oktober 2016. Bale sempat mengalami cedera parah pada November 2016 dan harus menepi selama empat bulan setelah menjalani operasi.