Livescore bola – Edin Dzeko adalah pemain sepakbola profesional yang bermain untuk klub Italia, AS Roma. Selain itu, ia juga merupakan pemain dari timnas Bosnia dan Herzegovinam, di mana ia juga berperan sebagai kapten tim. Edin Dzeko dikenal sebagai pemain terbaik di Bosnia dan Herzegovina selama 3 tahun berturut-turut. Ia bahkan mendapatkan gelar sebagai Bosanski dijamant (Berlian Bosnia).

Sebelum bergabung bersama Roma, Edin Dzeko juga sempat membela Manchester City. Namun, ia berhasil mengangkat namanya saat bermain bersama sebuah klub Jerman, Wolfsburg, di mana ketika itu ia memenangkan Bundesliga musim 2008-09. Ia merupakan pencetak gol terbanyak kedua dengan perolehan 26 gol. Di musim berikutnya, yakni musim 2009-10, ia adalah pencetak gol terbanyak nomor 1 dengan perolehan 22 gol. Ia juga menjadi assist sebanyak 10 kali di liga musim tersebut.

Pada Liga Premier musim 2011-12, Edin Dzeko berhasil mencetak hatrick sebagai salah satu performanya yang cukup gemilang. Saat itu, ia melawan Tottenham Hotspurs di White Hart Lane saat bergabung bersama Manchester City. Di pertandingan final melawan Queens Park Rangers, Edin Dzeko diketahui mencetak sebuah gol penyeimbang kedudukan di menit ke-92. Gol ini lantas ditambah oleh Sergio Aguero beberapa detik setelahnya. Gol tersebut akhirnya membuat Manchester City memenangkan Liga Premier musim tersebut setelah 44 tahun lamanya. Edin Dzeko lantas mengatakan bahwa gol tersebut merupakan gol yang cukup penting selama ia berkarir di dunia sepakbola.

Untuk soal permainan di timnas, Edin Dzeko tercatat telah bertanding sebanyak 80 kali untuk negaranya dengan perolehan 50 gol sejak 2007. Hal itu pun menjadikannya menjadi pencetak gol terbanyak bagi Bosnia dan Herzegovina. Sebanyak 10 dari 50 golnya merupakan gol penyokong Bosnia dan Herzegovina untuk dapat melalui kualifikasi dan mendapatkan tiket emas menuju FIFA World Cup 2014.

Karir sepakbola Edin Dzeko dimulai di sebuah klub lokal bernama Zeljeznicar, di mana ia bermain sebagai gelandang antara tahun 2003 hingga 2005. Karirnya di klub tersebut tidaklah terlalu baik. Ia bahkan dikenal sebagai pemain yang terlalu tinggi dengan kemampuan teknikal yang rendah. Meski begitu, sang pelatih Zeljeznicar saat itu, Jiri Plisek, melihat potensi yang dimiliki Dzeko dan menganjurkan klub FK Teplice untuk membelinya, yang kemudian benar-benar terjadi dan Dzeko ditransfer ke Teplice dengan biaya transfer 25.000 euro.

Kemudian, Dzeko tidak segera bermain untuk Teplice, melainkan dipinjamkan terlebih dahulu ke klub bernama Usti nad Labem. Ia lantas dengan gemilangnya berhasil mencetak 6 gol dari 15 pertandingan dengan klub tersebut. Di penghujung tahun, Edin Dzeko lantas kembali ke Teplice dan bermain di klub tersebut hingga 2007, dengan pencapaian 13 gol dari 30 pertandingan. Ia menjadi pencetak gol terbanyak di Gambrinus Liga musim 2006-07, yang oleh sebab itulah ia dilirik oleh Wolfsburg. Livescore bola Transfer pun terjadi dan Dzeko dipindahkan dengan biaya transfer sebesar 4 juta euro.

Setelah pindah ke Wolfsburg, Dzeko tampak semakin gemilang. Ia berhasil mencetak 5 gol dengan 3 assist pada 11 pertandingan. Ia bahkan sempat dijuluki sebagai penyerang terbaik pada Bundesliga musim 2007-2008. Puncaknya adalah pada 28 Agustus 2010, di mana Dzeko menjadi pencetak gol terbanyak untuk pertandingan liga sepanjang sejarah Wolfsburg dengan 56 gol di 96 pertandingan.

Roberto Mancini, yang merupakan manager Manchester City saat itu, melakukan spekulasi yang cukup berat dan akhirnya mengkonfirmasi bahwa pada tanggal 3 January 2011, ia telah membeli Dzeko dengan biaya 27 juta poun. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi kedua yang pernah dibayarkan City untuk seorang pemain setelah Robinho yang dibeli dari Real Madrid.

Setelah bermain untuk Manchester City selama 4 musim, Edin Dzeko akhirnya pindah ke AS Roma pada bursa transfer musim panas 2015. Dzeko secara resmi menandatangani kontrak dengan Roma pada 12 Agustus 2015. Perpindahannya merupakan sebuah peminjaman dengan biaya 4 juta euro yang menjadi pembelian apabila Dzeko berhasil mencetak sejumlah gol sesuai persyaratan. Pembelian pun akhirnya dilakukan dengan biaya 11 euro. Hingga saat ini, Edin Dzeko masih bermain untuk AS Roma.