Tangkasnet – Diego da silva Costa atau yang sering dikenal Diego Costa lahir pada tanggal 7 Oktober 1988. Diego adalah pesepakbola profesional berkebangsaan Brasil yang berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Spanyol dan saat ini sedang bermain untuk Chelsea di Liga Premier Inggris. Dan Diego Costa adalah pemain yang berposisi sebagai seorang striker. Diego Costa memulai karir sepakbolanya bersama klub asal Portugal yakni Braga. Sang pemain kemudian mengikat kontrak pada tahun 2007 bersama raksasa Spanyol Atletico Madrid, tapi langsung dipinjamkan ke klub Spanyo lainnya yakni Celta de Vigo, Albacete, dan sempat dijual ke Real Valladolid.

Kembali ke awal perjalanan karir sang striker, langkah awal Diego Costa menjadi pemain sepak profesional ketika dia menandatangani kontrak pada Februari tahun 2006 dengan salah satu klub Portugal, yakni SC Braga. Akan tetapi, dia gagal mendapatkan posisi inti dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Karena sangat minimnya kesempatan Diego bermain secara reguler, pihak klub SC Braga memutuskan melepas sang pemain ke Penafiel, klub divisi dua Liga Portugal, dengan status pemain pinjaman, pada musim panas tahun 2006. Ketika itu, Diego sanggup membuat lima gol dari 13 kali permainan.

Diego lantas dikontrak oleh salah satu raksasa La Liga, Atletico Madrid. Dengan banderol sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp 24,6 miliar pada waku itu. Walaupun telah resmi menjadi milik Los Rojiblancos, Diego masih tetap dipinjamkan ke SC Braga hingga akhir musim. Dua tahun berselang, Diego kembali dipinjamkan ke klub Segunda A kompetisi kasata kedua Liga Spanyol, kemudian Celta Vigo dan Albacete. Di dua klub barunya tersebut, Diego mulai mengasah naulri mencetak golnya, dengan masing-masing torehan lima gol untuk 30 kali penampilannya bersama Celta Vigo serta sembilan gol dalam sembilan kali penampilan bersama Albacete.

Status pinjaman ternyata tidak sampai di situ, sekembalinya sang pemain dari dari masa pinjaman, Diego malah dijual ke Real Valladolid sebagai klausul kesepakatan Atletico Madrid untuk mendapatkan penjaga gawang Real Valladolid pada saat itu Sergio Asenjo, pada 8 Juli tahun 2009. Di dalam klausul kontrak tersebut sudah termasuk opsi pembelian kembali oleh Atletico Madrid pada akhir musim

Ternyata dengan pengalamannya hijrah ke banyak klub membuat kemampuan mencetak gol Diego Costa sangat terasah. Dia mampu mencetak enam gol dari 12 pertandingan pertamanya bersama Valladolid. Namun sangat disayangkan, pada akhir musim, Diego gagal menghindarkan Real Valladolid dari tiket degradasi ke Segunda A yang mana sang pemain hanya mampu mencetak delapan gol dari 34 penampilannya bersama Valladolid.

Pada musim 2012-2013 inilah yang menjadi musim emas Diego Costa, sang pemain kembali ke Atletico Madrid dengan comeback yang sempurna. Hal tersebut dibuktikannya saat membawa Tangkasnet Los Rojiblancos meraih juara turnamen Piala Raja Spanyol usai menundukan laga seteru satu kota mereka yakni Real Madrid pada partai final tanggal 17 Mei 2013. Kegemilangan Diego Costa bersama Atletico Madrid pun berlanjut. Puncaknya di musim 2013-2014 Atletico madrid berhasil dibawa menjuarai La Liga Spanyol yanng menandakan patahnya dominasi Real Madrid dan Barcelona pada 10 tahun terakhir.

Gelar tersebut juga mengakhiri puasa gelar juara Liga Spanyol untuk Atletico selam 18 tahun lamanya. Dan pada musim tersebut, Diego mampu membawa Atletico Madrid ke final Liga Champions Eropa, tetapi sayang, Real Madrid yang menjadi lawan mereka di partai puncak pada waktu itu, membuat impian sang pemain untuk merengkuh gelar Liga Champion perdananya harus dikubur. Kecemerlangan Diego Costa bersama Atletico Madrid ternyata membuat raksasa London Barat kepincut. Jose Mourinho yang menjadi manajer The Blues pada waktu itu langsung meminta pihak klub untuk mengontrak pemain 26 tahun tersebut. Dan pada musim perdananya bersema The Blues Chelsea, Diego berhasil mengantarkan The Rooman Emperor menjuarai Liga Premier Inggris musim 2014/2015.

Di level tim nasional, penampilan cemerlang Diego bersama Atletico Madrid membuat Timnas sepak bola Brasil dan Spanyol menginginkan jasanya. Tanggal 5 Maret 2013, Diego Costa sempat dipanggil oleh pelatih timnas Brasil pada saat itu, Luiz Felipe Scolari untuk bermain membela Brasil di pertandingan persahabatan melawan Italia di Jenewa Swiss serta melawan Rusia di London. Namun, pada bulan September 2013, Federasi Sepakbola Spanyol mengirim surat izin resmi permintaan ke FIFA yang intinya memanggil Diego Costa untuk memperkuat timnas sepakbola Spanyol.