Profil Antoine Griezmann, Atletico Madrid

Agen sbo – Antoine Griezmann merupakan pesepakbola internasional Prancis, yang lahir di Saone-et-Loire, pada 21 Maret 1991. Saat ini Griezmann memperkuat klub La Liga, Atletico Madrid dan tim nasional Prancis. Karier profesionalnya dimulai di Real Sociedad. Ia memulai debutnya dengan berhasil memenangkan gelar juara Segunda Division di musim debutnya. Selama lima musim di sana, Griezmann sukses menceploskan 52 gol dalam 201 pertandingan resmi. Pada tahun 2014, Atletico Madrid lalu merekrutnya dengan transfer 30 juta euro.

Tapi sebelum menjajaki dunia sepakbola profesional yang penuh gemerlap dan diperebutkan tim-tim besar Eropa, Griezmann melalui jalan yang sangat panjang. Ayahnya, Alain adalah seorang dewan kota, sedangkan ibunya, Isabelle adalah seorang mantan petugas kebersihan di sebuah rumah sakit. Griezmann mempunyai darah sepakbola dari kakeknya, Amaro Lopes, yang merupakan pesepakbola di Portugal untuk klub F.C. Pacos de Ferreira.

Pada masa kecilnya, Antoine Griezmann bermain sepakbola untuk klub daerah asalnya, UF Macon. Ia pun beberapa kali diminta untuk menjalani trial di beberapa klub profesional untuk masuk ke akademi mereka. Tapi semuanya menolak Griezmann karena postur tubuh yang dianggap terlalu kecil.

Pada tahun 2005 Griezmann menjalani trial di Montpellier. Ia dimainkan dalam pertandingan persahabatan melawan akademi muda Paris Saint-Germain di Paris. Walau posturnya kecil, tapi ia berhasil memukau beberapa petinggi klub yang hadir menonton. Salah satunya adalah pencari bakat Real Sociedad. Griezmann lalu ditawari trial di San Sebastian dan lolos dari trial tersebut. Sociedad pada akhirnya menghubungi orang tua Griezmann untuk secara resmi menawarkan kontrak untuk si pemain muda.

Orang tua Griezmann sempat menolak kepindahan anaknya ke Spanyol, tapi akhirnya mereka setuju. Perjalanan Griezmann menuju level tertinggi, dimulai di sini. Setelah menimba ilmu sekitar empat tahun di akademi pemain muda, ia akhrinya dipanggil ke tim utama Real Sociedad oleh pelatih Martin Lasarte. Ia mengikuti persiapan pramusim 2009/10. Pada empat penampilannya di pertandingan pramusim, Griezmann sukses melesakkan lima gol. Cedera yang dialami winger kiri Sociedad saat itu, Lasarte, membuat pemain bertubuh mungil ini masuk dalam skuat untuk memulai musim baru.

Setelah menjuarai Segunda Division, Antoine Griezmann lalu memulai debutnya di La Liga pada Agustus 2010. Ia meneken kontrak sampai tahun 2015 dengan klausul pelepasan sebesar 30 juta euro. Benar saja, penampilan Griezman selama tiga musim di La Liga, mencuri perhatian klub Atletico Madrid. Apalagi saat itu Atletico juga baru menjual Diego Costa ke Chelsea. Transfer terwujud, Griezmann berganti ke seragam Atletico pada 28 Juli 2014 dengan dana sesuai di klausul pelepasannya dan kontrak selama enam tahun.

Debutnya bersama Atletico Madrid adalah di leg pertama pertandingan Supercopa de Espana pada 19 Agustus 2014. Timnya saat itu sukses menahan imbang Agen sbo Real Madrid 1-1. Griezmann masuk menggantikan Saul di menit ke-57. Sementara gol perdananya untuk Atletico terjadi di babak grup Liga Champions kontra Olympiacos, yang berakhir untuk kemenangan Atletico dengan skor 3-2.

Penampilan gemilang Griezmann di Atletico Madrid memang sangat memukau banyak tim, bahkan saat ini ia tengah diincar Manchester United dengan iming-iming bayaran besar. Namun, itu belum cukup untuk membawa Los Colchoneros kembali menjuarai La Liga. Gelar satu-satunya yang berhasil didapat Griezmann saat berseragam Atletico adalah Supercopa de Espana 2014.

Akan tetapi, pemain internasional Prancis punya sederet prestasi individual yang gemilang. Bahkan ia punya ambisi untuk mematahkan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam perebutan gelar pemain terbaik dunia. Hal itu dibuktikan Griezmann dengan menempati peringkat ketiga Ballon d’Or 2016, setelah Ronaldo dan Messi. Ia juga menjadi La Liga Best Player 2016, French Player of the Year 2016, La Liga Fans’ Five Star Player 2016, dan masih banyak lagi penghargaan individual yang didapat Griezmann.

Sementara itu bersama timnas Prancis senior, Griezmann memulai debutnya di tahun 2014. Prestasi terbaiknya adalah mencapai partai puncak Piala Eropa 2016 yang digelar di negaranya sendiri. Tapi saat itu ia dan rekan-rekannya mesti merelakan trofi juara jatuh ke tangan Portugal, usai kalah dengan skor tipis 1-0. Akan tetapi, Antoine Griezmann sukses merebut penghargaan sepatu emas dan pemain terbaik sepanjang turnamen.