Prediksi Olympique Lyon vs Ajax 12 Mei 2017

Profil Chris Smalling pemain bola profesional Manchester United
Profil Chris Smalling, Manchester United
May 11, 2017
Prediksi pertandingan Manchester United vs Celta Vigo 12 Mei 2017
Prediksi Manchester United vs Celta Vigo 12 Mei 2017
May 11, 2017

Prediksi Olympique Lyon vs Ajax 12 Mei 2017

Prediksi bola pertandingan Olympique Lyon vs Ajax 12 Mei 2017

Prediksi bola 2017 - Partai lanjutan leg kedua semi final Liga Europa akan bergulir tengah pekan ini. Kali ini giliran Olympique Lyon yang akan bertindak sebagai tuan rumah kala menjamu Ajax. Parc Olympique Lyonnais pun akan menjadi tempat yang sakral, di mana musim ini pernah menjadi tempat ‘pembantaian’ klub asal Belanda. Ajax pun harus waspada dalam lawatan mereka ke markas Les Gones pada Jumat (12/5) pukul 02.05 dinihari WIB.

Tim tuan rumah pastinya akan menghadapi ini dengan mengerahkan kekuatan lebih dari 100%. Pasalnya, jika Lyon ingin lolos ke babak final Liga Europa, mereka harus bisa minimal menang tiga gol tanpa balas atas tim tamu. Hal itu menjadi syarat mutlak, karena dalam pertemuan di leg pertama lalu, mereka kalah telak 4-1 dari Ajax di Amsterdam Arena.

Jika menilik lagi bagaimana jalannya pertandingan leg pertama lalu, hasil akhir sebenarnya tidak akan semencolok itu andai pemain-pemain Olympique Lyon bisa lebih efektif dalam memaksimalkan peluang. Saat kedudukan masih 1-3, sebenarnya Lyon mempunyai peluang yang bagus lewat Nabil Fekir. Saat itu, Fekir sebenarnya berhasil me-nutmeg kaki kiper Ajax, Andre Onana. Tapi keberuntungan masih belum berpihak kepada Lyon. Peluang emas itu malah mentah lagi dan justru Ajax yang mampu memantapkan kemenangan mereka dengan tambahan satu gol.

Jelang pertandingan Jumat dinihari WIB kelak, pelatih Olympique Lyon, Bruno Genesio menyikapi kekalahan timnya di leg pertama dengan santai. Ia masih percaya adanya keajaiban yang mungkin bisa membantu timnya di pertandingan leg kedua. Ia menegaskan kepada seluruh pemainnya untuk tetap menegakkan kepala dan berpikir kalau semua kemungkinan masih bisa terjadi kelak.

Ya, di Parc Olympique Lyonnais, tim tuan rumah memang mempunyai modal untuk mewujudkan keajaiban itu. Sebab sepanjang musim ini, Lyon dikenal sangat produktif dalam menceploskan gol jika mentas di hadapan para pendukung mereka. Di Liga Europa sejauh ini, Lyon sudah menjalani tiga partai kandang dan selalu meraih hasil penuh. Sebagai informasi, Lyon adalah tim ‘buangan’ dari Liga Champions dan mengikuti ajang Liga Europa sejak babak 32 besar.

Di fase tersebut, Les Gones sempat membantai tim lain dari Eredivisie, AZ Alkmaar dengan skor telak 7-1. Mesin gol Lyon di babak berikutnya pun tak kunjung mati. AS Roma takluk 4-2 kala bertandang ke Parc OL. Sementara di perempat final lalu, wakil Turki Besiktas juga menanggung kekalahan 2-1. Jika melihat dari hasil-hasil mengerikan itu, Ajax tentu harus sangat mewaspadai jajaran mesin gol tim tuan rumah.

Sementara itu di kubu tim tamu, memutuskan untuk bertahan total tentu bukan menjadi pilihan yang bagus. Hal itu mengacu pada comeback fantastis yang berhasil dibuat Barcelona kala membungkam Paris Saint-Germain di babak 16 besar lalu. Pelatih Ajax, Peter Bosz juga sudah menegaskan kalau timnya akan tetap bermain dengan karakter mereka, yakni menyerang. Namun, mereka juga harus paham kalau permainan ofensif berarti akan menyisakan celah yang terbuka bagi Lyon.

Bosz hanya meyakinkan kalau ‘menyerang adalah pertahanan yang terbaik’. Di satu sisi, misi besar Bosz dan anak-anak asuhnya itu tidak terlalu didukung dengan rekor tandang mereka di Liga Europa. Bertrand Traore dkk. belum pernah meraih kemenangan dalam lima partai tandang mereka di luar Amsterdam Arena. Mereka mendapatkan tiga hasil seri dan dua kali kalah.

Catatan lain menunjukkan kalau Ajax juga pernah kalah tiga gol sebanyak tiga kali sepanjang keikutsertaan mereka di ajang Piala UEFA atau Liga Europa. Terakhir, kekalahan 3-0 diderita Ajax pada musim 2010/11 lalu saat mereka bertandang ke markas Spartak Moskva di babak 16 besar.

Memang benar apa yang dikatakan pelatih Ajax, kalau tidak ada pilihan lain bagi timnya kecuali menyerang. Akan tetapi, jika melihat dari statistik pertandingan tandang Ajax yang tidak terlalu cemerlang, maka belum tertutup peluang bagi Lyon untuk bisa membalikkan keadaan dan melangkah ke partai puncak. Apalagi, penyerang andalan mereka, Alexandre Lacazette sudah bisa kembali menjadi starter, setelah pulih dari cederanya. Secara keseluruhan, laga ini diperkirakan bakal jadi milik tim tuan rumah. Namun, Ajax dalam situasi yang lebih berpeluang untuk lolos.