Negara Debutan Bermunculan, Tim Besar Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Ada yang menarik dari babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Sesuatu yang menarik itu datang dari beberapa negara kejutan yang selama babak kualifikasi tampil di luar dugaan. Tim-tim tersebut pun punya peluang cukup besar untuk berlaga di di Rusia pertengahan tahun depan, menyusul tujuh tim yang sudah mengamankan satu tiket ke putaran final, yaitu Brasil, Belgia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Meksiko, dan Rusia selaku tim tuan rumah.

Peluang debutan dari Zona Eropa: Montenegro

Kesebelasan Montenegro berpeluang menjadi kejutan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini. Tergabung di Grup E, peluang mereka lolos ke putaran final cukup besar setelah mengoleksi 13 poin dari tujuh pertandingan. Mereka pun sementara berada di peringkat kedua grup. Jika mereka bisa memaksimalkan sisa beberapa pertandingan di depan, bukan tidak mungkin Polandia yang sementara memuncaki klasemen Grup E akan tersalip.

Meski begitu, Montenegro pun harus mewaspadai Denmark yang berada satu tingkat di bawahnya. Jika saja peluang menjadi juara grup tidak bisa dimaksimalkan, paling tidak Stevan Jovetic dan kawan-kawan masih bisa mengusahakan lolos ke Piala Dunia 2018 melalui play-off dengan mempertahankan peringkat mereka saat ini.

Potensi debutan dari zoba Asia: Suriah

Suriah berpeluang menjadi tim debutan dari zona Asia. Meski peluang untuk lolos otomatis cukup berat, negara yang pernah tiga kali mengundurkan diri dari gelaran Piala Dunia itu (tahun 1950, 1962, dan 1966) masih bisa mengusahakan lolos ke Piala Dunia 2018 melalui babak play-off.

Saat ini, Suriah menduduki peringkat tiga klasemen Grup A dan mereka berhasil mempertahankan posisi tersebut dan berpeluang untuk tampil pertama kalinya di putaran final Piala Dunia. Suriah tidak lagi bisa terkejar dari Uzbekistan, yang berada di peringkat keempat. Saat ini Suriah akan menghadapi Australia di babak berikutnya.

Potensi debutan dari zona CONCACAF: Panama

Dari Zona CONCACAF, Panama salah satu tim yang berpeluang menjadi debutan dalam putaran final Piala Dunia. Saat ini, Panam menduduki peringkat 4 dengan poin 8, hanya kalah selisih gol dari Amerika Serikat di peringkat 3. Apabila 3 pertandingan sisa dapat dimanfaatkan dengan baik, maka Panama bisa lolos otomatis ke Rusia, namun jika tidak, mereka masih bisa mengusahakan untuk lolos ke babak play-off Piala Dunia 2018 dengan mempertahankan peringkat mereka saat ini

Potensi debutan dari zona Afrika: Burkina Faso dan Uganda

Sementara itu, di Benua Afrika, Burkina Faso dan Uganda yang tanpa diduga mampu  berbuat banyak di babak kualifikasi. Burkina Faso secara fantastis memimpin klasemen sementara Grup D terpaut satu angka dari Senegal di peringkat kedua. Apabila mereka berhasil mempertahankan posisi ini sampai tiga pertandingan sisa, maka mereka akan menjadi tim debutan di gelaran Piala Dunia tahun depan.

Hampir sama dengan Burkina Faso, Uganda saat ini menjadi pemuncak klasemen Grup E dengan raihan tujuh poin. Mereka ditempel ketat oleh Mesir di peringkat kedua dengan selisih poin yang tipis. Mereka perlu memaksimalkan tiga laga sisa agar impian untuk menjadi debutan di gelaran Piala Dunia tahun depan bisa tercapai.

Tim-Tim Besar Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Hal yang ironis pada gelaran babak kualifikasi Piala Dunia 2018 ini justru terjadi pada beberapa tim besar. Di zona Eropa ada Turki dan Belanda sebagai tim-tim yang punya tradisi bagus di Piala Dunia, namun saat ini terancam akan absen.

Di Zona Afrika, peluang Kamerun untuk berlaga di putaran final sudah tertutup setelah hanya mampu mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan sedangkan pemuncak klasemen, Nigeria, telah mengumpulkan 9 poin.

Sementara itu, finalis Piala Dunia terakhir, Argentina ternyata juga harus berjuang sangat berat untuk lolos ke putaran final. Mereka terancam harus melalui babak play-off agar bisa menyusul Brazil sebagai wakil zona CONMEBOL. Amerika Serikat pun mengalami hal serupa. Mereka harus berjuang keras untuk lolos melalui babak play-off, yang mana lawan mereka adalah pemenang play-off dari zona Asia antara Suriah dan Australia. Semakin menarik untuk ditunggu, negara debutan mana yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 dan negara besar nama saja yang bakal absen di gelaran kali ini.