Nagelsmann Antarkan Hoffenheim Lolos ke Liga Champions

Profil pemain barcelona Sergio Busquets
Profil Sergio Busquets, Barcelona
May 3, 2017
Derby della Capitale
Rapor Laga Panas Derby della Capitale
May 3, 2017

Nagelsmann Antarkan Hoffenheim Lolos ke Liga Champions

julian nagelsmann berhasil membawa Hoffenheim Lolos ke Liga Champions

Sbobet.com – Pelatih tim TSG 1899 Hoffenheim, Julian Nagelsmann, mencatatkan sejarah baru untuk klub asuhannya. Berstatus sebagai pelatih termuda di Bundesliga, ia saat ini ia telah meyakinkan timnya sekurang-kurangnya bakal melakoni babak play off Liga Champions musim 2017/18 mendatang. Hal itu dipastikan setelah gol telat yang diceploskan Benjamin Hubner ke gawang Eintracht Frankfurt dalam kelanjutan Bundesliga (30/4).

Dietmar Hopp, selaku pemilik Hoffenheim mengakui kalau hasil positif yang dicapai timnya itu sebenarnya termasuk kemenangan yang beruntung. Hopp sendiri juga memiliki peran besar dalam peningkatan tim yang diakuisisinya pada tahun 2015 itu. Semenjak itu, Hopp sudah mengeluarkan dana mencapai 350 juta euro untuk kebutuhan klub. Dibilang mencapai sukses besar karena uang, memang iya. Tapi bukan itu yang harus sangat diapresiasi dari perjalanan Hoffenheim selama dua musim terakhir ini.

Satu hal yang paling mengagumkan dari keberhasilan Hoffenheim, terutama di musim 2016/17 adalah peran dari sang arsitek muda, Julian Nagelsmann. Nagelsmann menjadi suksesor Hubb Stevens, yang mundur dari kursi kepelatihan tim karena masalah kesehatan. Berumur 28 tahun, ketika ditunjuk sebagai pelatih pada Februari 2016 lalu, Nagelsmann bahkan belum mendapatkan mandat secara resmi untuk melatih dari kubu Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Namun, ia mampu menyelamatkan tim asuhannya yang ketika itu terancam degradasi. Di musim ini pun, Hoffenheim melakoni musim yang fantastis dan disebut-sebut sebagai yang terbaik dalam sejarah tim histori.

Sosok Nagelsmann di dunia kepelatihan sendiri sebenarnya baru seumur jagung. Bahkan sebagai pemain, ia tidaklah sukses. Nagelsmann pernah bergabung bersama FC Augsburg serta tim TSV 1860 Munich. Bersama dua tim tersebut, Nagelsmann sama sekali tidak mendapat kesempatan bermain di kompetisi resmi. Hingga akhirnya ia mengambil keputusan untuk menjalani karier sebagai pelatih. Ia menggunakan nyaris satu dekade untuk melatih tim junior klub 1860 Munich serta Hoffenheim. Ia pun pernah jadi asisten pelatih Hoffenheim pada musim 2012/13.

Apa yang dicapai Nagelsmann ini jelas sangat jarang dilakukan oleh pelatih-pelatih lain, terutama di liga top Eropa. Apalagi bagi pelatih yang saat masih aktif sebagai pemain sama sekali tidak sukses sepertinya. Mungkin Nagelsmann juga menyadari akan hal itu, hingga akhirnya memilih untuk menjalani karier kepelatihan sejak Sbobet.com usia muda. Berkat apa yang dilakukannya sepanjang musim 2016/17 ini, Nagelsmann pun mendapatkan penghargaan pelatih terbaik 2016 di Bundesliga dari DFB.

Keberhasilan Hoffenheim menaklukkan Frankfurt pada laga akhir pekan kemarin pun sekaligus memperpanjang catatan tidak terkalahkan mereka di laga kandang jadi 16 laga. Di luar itu, mereka juga melampaui perolehan poin terbaik mereka dalam semusim, yang sebelumnya dicapai pada musim 2008/09 di mana mereka sukses membukukan 55 angka di akhir musim.

Menariknya, Hoffenheim di bawah asuhan Nagelsmann juga pernah menjadi tim yang paling lama tidak terkalahkan di liga domestik dari lima liga top Eropa. Saat itu Hoffenheim dan RB Leipzig menjadi tim kejutan di Bundesliga musim ini, sebelum keduanya sama-sama merasakan kekalahan di pertengahan musim. Tapi setidaknya, sepanjang musim ini berjalan Hoffenheim, yang kini duduk di peringkat ketiga klasemen sementara Bundesliga dengan perolehan 58 angka, baru kalah tiga kali saja. Catatan itu menjadi yang kedua paling sedikit, setelah Bayern Munich (2).

Hoffenheim sendiri setelah laga kontra Frankfurt bakal melakoni partai berat, dengan berkunjung ke markas Borussia Dortmund, Signal Iduna Park, dalam lanjutan Bundesliga. Laga ini sangat menentukan bagi kedua tim, yang masih berebut tiket lolos secara otomatis ke babak group Liga Champions musim depan atau salah satu harus rela melewati fase kualifikasi terlebih dahulu.

Jika melihat dari tiga pertandingan tersisa yang harus dijalani Hoffenheim di musim ini, masih ada peluang bagi tim asuhan Julian Nagelsmann itu untuk bisa bertahan di peringkat ketiga klasemen atau malah menyalip perolehan angka RB Leipzig, yang saat ini ‘hanya’ berjarak lima angka di depan mereka. Adapun selain laga tandang melawan Dortmund, Hoffenheim akan menjalani laga tandang kontra Werder Bremen dan melayani Augsburg di kandang sebagai penutup musim.