Mesir Selangkah Lagi Tampil di Piala Dunia 2018

Beberapa negara di dunia hampir memastikan diri mendapatkan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, setelah selesai melakukan pertandingan kualifikasi Piala Dunia awal September ini. Hal tersebut ternyata juga berlaku bagi Mesir, yang tergabung di Grup E zona Afrika. Selangkah lagi Mesir bisa memastikan lolos ke Piala Dunia tahun depan setelah memenangkan pertandingan melawan Uganda di Alexandria, Rabu (6/9). Dalam pertandingan tersebut, Mesir mengalahkan Uganda dengan skor tipis 1-0.

Jalannya Pertandingan Mesir vs Uganda

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 tersebut, baik Mesir maupun Uganda dapat menurunkan seluruh pemain terbaik mereka masing-masing. Sebagai tuan rumah, Mesir mengambil inisiatif serangan ke jantung pertahanan Uganda sejak menit awal pertandingan. Hal ini ternyata membuahkan hasil dengan gol cepat yang dicetak oleh Mohamed Salah di menit keenam. Uganda yang berstatus sebagai tim tamu sekaligus kuda hitam di Grup E, berusaha mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, sampai peluit akhir dibunyikan skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Mesir.

Dengan kemenangan ini semakin memantapkan Mesir di puncak klasemen sementara Grup E kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika dengan mengoleksi 9 poin hasil dari 3 kali kemenangan dan sekali kalah.  Saat ini hanya Uganda dan Ghana yang masih menjadi kompetitor utama mereka dalam memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Kongo sendiri yang saat ini berada di posisi juru kunci sudah tidak lagi berpeluang lolos karena hanya mampu mengumpulkan satu poin.

Bagaimana Peluang Mesir Lolos ke Piala Dunia 2018?

Mesir hanya membutuhkan satu kali kemenangan lagi kala melawan Kongo. Misi ini mungkin saja dapat diwujudkan mengingat Kongo merupakan tim terlemah dalam Grup E. Namun, Mesir harus tetap waspada karena Kongo akan tampil tanpa beban pada pertandingan tersebut. Pasalnya, Kongo sudah dipastikan tidak akan lolos ke putaran final Piala Dunia dan pastinya akan membuat Mesir begitu saja lolos ke ajang empat tahunan ini. Pertandingan antara Kongo dan Mesir ini akan digelar 9 Oktober 2017.

Namun, sebelum itu tepatnya tanggal 7 Oktober 2017, Uganda dan Ghana akan bertanding di laga hidup dan mati. Kedua tim sama-sama masih memiliki peluang untuk tetap lolos ke Piala Dunia 2018. Saat ini Uganda berada di posisi kedua Grup E dengan poin tujuh dan Ghana berada di posisi ketiga dengan raihan lima poin. Karena masih sama-sama berpeluang lolos dari babak kualifikasi, tentunya kedua kesebelasan akan bertanding secara habis-habisan sambil mengharapkan Mesir tergelincir saat menghadapi Kongo.

Tapi jika kita lihat peta kekuatan yang ada saat ini, nampaknya misi Mesir untuk lolos ke Piala Dunia 2018 tinggal menunggu waktu saja. Pasalnya, di pertandingan kelima dan menentukan ini mereka hanya akan menghadapi tim lemah Kongo yang di atas kertas memiliki kualitas pemain di bawah Mesir. Selain itu, pertandingan lainnya antara Uganda dan Ghana juga sangat menentukan. Mesir tentunya sangat berharap jika pertandingan antara Uganda dan Ghana berakhir untuk kemenangan Ghana sehingga di pertandingan melawan Kongo mereka hanya perlu hasil menang untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2018.

Mesir sendiri terakhir kali tampil di Piala Dunia tahun 1990. Saat itu ajang empat tahunan ini diselenggarakan di Italia. Sayangnya, saat itu mereka tidak bisa berbuat banyak yang mengakibatkan mereka gagal lolos dari fase grup yang juga diisi oleh tim kuat seperti Inggris, Republik Irlandia, dan Belanda di Grup F.

Saat ini, dengan komposisi pemain yang cukup mumpuni dan berpengalaman bermain di daratan Eropa, Mesir patut menjadi salah satu kontestan yang diperhitungkan pada Piala Dunia 2018 mendatang. Sebut saja nama-nama seperti Mohamed Salah hingga Ahmed Hegazy, yang di musim 2017/18 ini bermain di Premier League bersama Liverpool dan West Bromwich Albion.

Kekuatan Mesir sebenarnya sudah terbukti dengan keberhasilan mereka menembus final Piala Afrika 2017 lalu. Walau akhirnya, mereka malah kalah dari Kamerun di partai tersebut. Di satu sisi, Kamerun, yang berstatus juara Piala Afrika tahun ini malah dipastikan gagal melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia.