Kutukan Piala Dunia yang Menghantui Manchester United

Radja Nainggolan memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Belgia
Radja Nainggolan Terancam Batal Tampil di Piala Dunia 2018
September 20, 2017

Kutukan Piala Dunia yang Menghantui Manchester United

Kesialan Jelang Piala Dunia dan Keberuntungan Musim Kedua Mourinho

Jeda internasional yang diisi dengan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 telah selesai pada awal September lalu. Masing-masing pemain yang memperkuat tim nasional telah kembali ke klub di mana mereka berkarir. Tidak terkecuali para pemain yang memperkuat klub yang berlaga di Premier League.

Manchester United termasuk diantara klub Liga Inggris yang kembali diperkuat oleh para pemain-pemain mereka setelah berlaga di pertandingan internasional. Sejauh ini, mereka masih memuncaki klasemen sementara Premier League dengan poin 10 hasil dari 3 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Prestasi yang menawan bagi Manchester United di awal musim ini menimbulkan ekspektasi yang cukup tinggi dari publik Old Trafford. Fans Setan Merah sangat berharap agar penampilan United terus konsisten sampai akhir musim dan bisa mempersembahkan gelar juara liga yang terakhir dirasakan tahun 2013 lalu. Saat itu pelatih legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson, sukses mempersembahkan gelar terakhir sebelum pensiun.

Di bursa transfer musim panas tahun ini pun United melakukan beberapa langkah efektif terkait jual beli pemain yang mereka miliki. Sampai bursa transfer ditutup, United hanya mendatangkan tiga bintang. Sebut saja nama seperti Victor Lindelof, Romelu Lukaku, dan Nemanja Matic sukses didatangkan mereka. Bahkan, dua nama terakhir sudah mempunyai pengalaman bermain di Liga Inggris yang membuat mereka tidak perlu lama untuk beradaptasi.

Kekuatan United sendiri musim ini tidak mengalami banyak perubahan kecuali hengkangnya Wayne Rooney ke Everton. Ditambah lagi dengan rekam jejak Jose Mourinho yang selalu bisa mempersembahkan gelar di musim keduanya sebagai pelatih sejak menangani FC Porto kian menambah kepercayaan United untuk meraih gelar ke-21 kalinya.

Kesialan Jelang Piala Dunia dan Keberuntungan Musim Kedua Mourinho

Tapi, Manchester United juga harus ingat jika di akhir musim ini, tepatnya Juni 2018 akan digelar ajang empat tahunan yaitu Piala Dunia 2018 di Rusia. Ajang ini seharusnya jadi catatan tersendiri untuk United, pasalnya Premier League yang dilaksanakan sebelum Piala Dunia mempunyai kutukan tersendiri untuk United.

Sejak Liga Primer Inggris dimulai musim 1992/93, sudah ada enam Piala Dunia yang digelar setelah Premier League usai yaitu di tahun 1994, 1998, 2002, 2006, 2010, dan 2014. Dari keenam musim yang digelar setelah Piala Dunia tersebut, hanya tahun 1994 saja gelar Liga Inggris yang berhasil dimenangkan oleh United.

Kutukan bagi Manchester United dimulai sejak tahun 1998. Mereka harus mengakui keunggulan Arsenal yang keluar sebagai juara Liga Inggris saat itu. Kemudian kutukan itu terus berlanjut di empat musim Premier League setelah Piala Dunia digelar di tahun 2000-an.

Bahkan musim 2013/14 menjadi musim terburuk bagi Setan Merah. Saat Fergie memutuskan untuk pensiun, United diarsiteki oleh David Moyes yang dijuluki “The Chosen One”. Namun, pelatih asal Skotlandia ini tidak mampu memenuhi ekspektasi para pendukung Manchester United dan akhirnya dipecat sebelum musim berakhir. Menjelang akhir musim, United harus ditangani oleh Ryan Giggs, yang menjadi caretaker sekaligus pemain. Mereka pun harus puas berada di posisi ketujuh dengan poin 64. Ini adalah posisi terburuk yang pernah dihuni oleh Setan Merah di era Premier League.

Meskipun begitu, musim ini masih menyisakan 35 laga lagi yang harus dilalui oleh United. Segala kemungkinan masih saja bisa terjadi sampai peluit akhir di penghujung musim dibunyikan. Namun, harus diakui ajang seperti Piala FA, Piala Carabao (Piala Liga), serta Liga Champions berpeluang untuk memecah konsentrasi tim secara keseluruhan.

Namun, wajib kita tunggu laga yang sering digelar digelar di akhir Desember sampai awal Januari yang dikenal sebagai Boxing Day. Biasanya selalu memberikan kejutan yang bisa mempengaruhi posisi di klasemen.Tapi, nampaknya fans Manchester United berharap tuah Mourinho mampu mengalahkan kutukan bagi United dan menjadi juara untuk mengakhiri puasa gelar sejak 2013.

Sentuhan magis Jose Mourinho di musim kedua dan kutukan Piala Dunia yang dialami Manchester United selama ini juga layak ditunggu. Mengingat musim ini MU punya jadwal yang sangat padat dan rival-rival yang tidak mudah untuk dikalahkan. Bisakah trofi Premier League kembali bertambah di lemari koleksi MU jelang Piala Dunia 2018?