Kunci Dominasi Barcelona di Laga Kontra Sevilla

Agen sbobet terbaik – Sevilla mesti bertekuk lutut di hadapan Barcelona dengan hasil akhir 3-0 di Estadio Camp Nou, Kamis (6/4) dinihari WIB. Akibat menerima kekalahan itu, Sevilla pun mesti menahan lagi hasrat mereka untuk kembali ke jalur kemenangan, yang terakhir kali mereka dapatkan pada 3 Maret 2017 lalu.

Sepanjang 20 menti pertama, Los Rojiblancos sesungguhnya sempat membuat Barca buntu. Namun Barca akhirnya bisa membuka rekening gol mereka berkat aksi brilian Luis Suarez. Setelah itu giliran megabintang Argentina, Lionel Messi yang berhasil memborong dua gol bagi Barca hanya dalam kurun lima menit, yakni pada menit 28 dan 33.

Sevilla telah bersusah untuk menjaga gawang mereka tidak kebobolan dengan cara menimbun pemain di sepertiga penghujung pertahanan mereka. Usaha itu pun dapat dilihat dari strategi yang diterapkan Jorge Sampaoli. Pelatih asal Argentina itu memainkan formasi 5-4-1 sejak kick-off. Strategi pun itu terbukti sukses membuat Barca memutar-mutarkan bola saja di lapangan sedang sepanjang 20 menit pertama. Bahkan tiga bek Barca sampai harus naik ke tengah untuk membantu membangun serangan.

Namun demikian, masih ada celah yang akhirnya bisa dimanfaatkan Blaugrana, yakni saat Sevilla mulai membangun serangan serta bikin mengubah formasi jadi 3-1-4-2. Tak dipungkiri kalau serangan Sevilla cukup mudah diredam para pemain Barca, karena tim besutan Luis Enrique itu melakukan tekanan yang agresif sehingga lawan sangat sulit dalam melancarkan serangan. Antisipasi Barca dengan strategi pressing ketat itu serta transisi dari bertahan ke menyerang yang baik sukses berbuah menjadi situasi serangan balik yang mematikan. Tiga gol yang diciptakan Barca pun berawal dari serangan balik.

Tekanan yang dilancarkan Barca menjadi metode yang ampuh untuk meruntuhkan serangan Sevilla sejak mereka mulai mengalirkan bola dari belakang. Sebab jarak para pemain Sevilla saat mengawali serangan sangat jauh. Hal itu disebabkan beberapa pemain tengah serta striker terlalu cepat naik ke depan, dengan mengharapkan ada umpan panjang yang mereka terima. Terkecuali N`Zonzi, yang memang ditugaskan sebagai gelandang bertahan. Ia beroperasi di sekitar depan kotak penalti timnya.

Saat menyusun serangan, Sevilla hanya bertahan dengan tiga pemain ditambah N`Zonzi di depan tiga pemain tersebut. Jarak antar pemain yang terlalu lebar serta keterlibatan beberapa pemain untuk membantu serangan membuat sepertiga pertahanan Sevilla jadi lengang. Pressing ketat Barca pun dilancarkan untuk membuat peluang mencetak gol. Akibatnya, Sevilla dengan sangat terpaksa mesti memainkan long ball dari belakang untuk menghindari pressing Barca serta menginisiasi serangan balik.

Sialnya, pola serangan balik Sevilla juga dapat dipatahkan Barca dengan cara yang sama. Akan tetapi kali ini Barca melakuakn Agen sbobet terbaik itu di lini pertahanan mereka sendiri. Pasalnya pemain tengah Barca juga cepat saat melakukan transisi, sampai serangan balik Sevilla pun jadi tidak ada artinya. Bahkan kedua pemain sayap Barca juga bisa mengantisipasi serangan balik Sevilla dengan mudah pula. Saat bola sukses dicuri, Barca lalu membalasnya dengan serangan balik yang tak kalah cepat dari sisi kanan atau kiri.

Serangan balik Barca itu dikerjakan secepat mungkin lantaran pertahanan Sevilla cuma meninggalkan tiga center back ditambah N`Zonzi. Dengan strategi ini dua gol dari Suarez serta Messi dapat berlangsung. N`Zonzi sendiri baru pada paruh kedua mulai naik membantu penyerangan sampai daerah pertahanan Barca. Terkecuali N`Zonzi, dua back sayap Sevilla juga kerap naik membangun serangan. Terelbih saat kondisi tim sudah ketinggalan dua gol.

Sampaoli pun baru bisa melihat permainan asli anak asuhnya sejak awal paruh kedua. Mereka juga melakukan pressing-pressing ketat sehingga Barca hanya bisa menguasai bola di sepertiga pertahanan mereka sendiri. Barca pun mulai terkurung di wilayahnya sendiri. Akan tetapi penyelesaian akhir pemain-pemain Los Rojiblancos masih terkesan tergesa-gesa. Rapatnya pertahanan Barca juta tak membuat gawang Marc Andre Ter-Stegen kebobolan.

Hasil ini pastinya sangat mengecewakan untuk Sevilla, yang belum lagi menuai kemenangan dari enam pertandingan terakhir. Bahkan akibat kekalahan dari Barca ini, peringkat mereka di tiga besar pun tergeser oleh Atletico Madrid. Sevilla mesti segera berbenah serta temukan jalan keluar untuk mengatasi masalah mereka ini. Sebab peluang tersingkir dari zona Liga Champions masih terbuka lebar, mengingat Villarreal terus membuntuti Sevilla di posisi lima klasemen sementara.