Ini Dia Tempat Pengundian Play-Off Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah memutuskan bahwa Zurich akan menjadi tempat dilaksankannya pengundian babak play-off Piala Dunia 2018 zona Eropa, pada 17 Oktober mendatang. FIFA juga telah memberi konfirmasi bahwa proses pengundian babak play-off zona Eropa ini akan menerapkan sistem seeding atau unggulan.

Sebagai informasi, ada 13 jatah bagi tim dari Zona Eropa untuk berlaga di Piala Dunia 2018. Jatah keempat belas adalah milik Rusia yang telah lolos otomatis karena mereka berstatus sebagai tuan rumah. Adapun sembilan tim adalah yang berstatus sebagai juara grup masing-masing dan akan mendapat tiket lolos secara otomatis ke Rusia. Sementara itu sembilan tim Eropa lainnya yang menduduki peringkat kedua di masing-masing grup akan berjuang untuk menjadi delapan runner-up terbaik sehingga bisa lolos ke babak play-off dan memperebutkan empat tiket sisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Adapun kriteria FIFA untuk delapan runner-up terbaik di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa ini adalah berdasarkan pada jumlah poin (yang dikurangi hasil poin yang diraih saat bertanding melawan tim juru kunci grup), selisih gol, gol yang telah dicetak, gol tandang, dan hukuman kartu. Kedelapan runner-up terbaik itu kemudian akan dipertemukan dalam empat pertandingan dengan menggunakan sistem home-away.

Berikutnya, pada pengundian babak play-off nanti akan ada dua pot, yang mana empat tim dengan peringkat FIFA terbaik akan berada di pot satu atau pot unggulan, sedangkan empat sisanya akan menempati pot dua. Rencananya, babak play-off ini akan digelar pada 9-14 November mendatang.

Dengan diberlakukannya sistem tersebut, kemungkinan terjadi pertemuan antara tim-tim besar di babak play-off bisa dihindari. Sementara ini, ada sembilan tim yang menduduki peringkat kedua di masing-masing grup, yaitu Swedia (peringkat 19 FIFA), Portugal (6), Irlandia Utara (23), Wales (18), Montenegro (52), Slovakia (22), Italia (12), Bosnia (30), dan Islandia (20). Dari kesembilan negara tersebut, Wales menjadi yang paling belakang dengan perolehan delapan poin, sama seperti Bosnia, namun kalah dalam selisih gol.

Pengundian Grup Putaran Final Piala Dunia 2018

Sementara itu, FIFA juga telah mengumumkan bahwa pengundian putaran final Piala Dunia 2018 akan digelar pada 1 Desember mendatang di Kremlin. Pemilihan Kremlin sebagai venue ini tampaknya didasarkan pada pentingnya perhelatan Piala Dunia 2018 bagi pemerintah Rusia. Kremlin merupakan salah satu situs bersejarah Warisan Dunia UNESCO. Kremlin terletak di jantung kota Moskwa dan merupakan kompleks benteng bersejarah yang juga mencakup beberapa istana dan katedral. Salah satu dari istana itu adalah kediaman resmi presiden Rusia, Vladimir Putin.

Adapun pengundian putaran final Piala Dunia akan diselenggarakan di Istana Negara Kremlin. Tempat ini dulunya adalah sebuah gedung yang digunakan sebagai tempat Partai Komunis Soviet menggelar rapat. Kini, Istana Negara Kremlin sering dipakai sebagai arena konser yang telah menampilkan banyak artis terkemuka, baik itu artis lokal maupun artis internasional. Selain itu, tempat hiburan prestisius berkapasitas 6.000 penonton ini juga sering dipakai untuk untuk menggelar opera dan pentas balet tradisional.

Rusia memang sedang dalam persiapan penuh untuk menggelar pesta sepakbola paling akbar di dunia ini setelah menjadi tuan rumah Piala Konfederasi 2017 pada bulan Juni lalu. Rusia berhasil terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 setelah mengungguli beberapa negara kendidat lainya, seperti Spanyol, Belgia, belanda, Portugal, dan Inggris.

Sejumlah 11 kota telah dipilih oleh Rusia untuk menggelar pertandingan-pertandingan putaran final Piala Dunia 2018 nanti. Kota-kota itu di antaranya adalah Moskow, St Petersburg, Sochi, Kazan, Saransk, Kaliningrad, Volgograd, Rostov-on-Don, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, dan Samara. Sementara itu, penyelenggaraan putaran final akan dimulai pada 14 Juni 2018 dan akan diakhiri pada 15 Juli 2018.

Selama ini prestasi Rusia dalam keikutsertaan di pentas Piala Dunia memang tidak terlalu mentereng. Bahkan di Piala Konfederasi beberapa waktu lalu pun mereka gagal mengangkat trofi juara. Patut dinantikan apakah Rusia, yang selama ini hanya melakukan ‘pemanasan’ dengan laga-laga uji coba, bisa berbicara banyak di rumah sendiri, atau malah terpeleset secara menyakitkan seperti Brasil di Piala Dunia 2014 lalu.