Dua Bintang Muda Tottenham Lebih Berharga Ketimbang Messi dan Ronaldo

pemain arsenal aaron ramsey
Profil Aaron Ramsey, Arsenal
June 11, 2017
profil miralem pjanic pemain juventus
Profil Miralem Pjanic, Juventus
June 17, 2017

Dua Bintang Muda Tottenham Lebih Berharga Ketimbang Messi dan Ronaldo

Dua Bintang Muda Tottenham

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah tidak diragukan lagi sebagai pemain sepakbola terbaik di dunia saat ini. Akan tetapi ternyata ada masanya ketika dua pemain muda Tottenham Hotspur, Harry Kane dan Dele Alli memiliki nilai yang lebih tinggi dari dua mega bintang dunia itu. Pernyataan ini dipicu oleh hasil dari sebuah lembaga survei pada pertengahan tahun 2017 lalu, di mana hasilnya cukup mengejutkan. Survei tersebut menunjukkan bahwa Kane dan Alli memiliki harga yang lebih tinggi dari Messi dan Ronaldo.

Sebuah lembaga olahraga, CIES, telah mengadakan penelitian untuk mengetahui pemain mana yang sebenarnya bernilai mahal. Penelitian tersebut melibatnya banyak pemain yang bermain di berbagai posisi di lima liga terbaik benua Eropa. Total ada 110 pemain yang diteliti hingga akhirnya terdapat 10 nama pemain yang paling mahal saat ini. Hasil tersebut dapat dibilang sangat mengejutkan mengingat beberapa diantara nama-nama tersebut merupakan pemain yang tidak terkenal oleh kemahalannya.

“Kami melakukan penelitian ini menggunakan prinsip algoritma berdasarkan data yang kami terima dari total 2000 kesepakatan transfer yang telah dilakukan. Ada berbagai variabel yang menjadi penentu dari hasil penelitian kami seperti usia, posisi pemain, klub asal pemain, statusnya di tim nasional, sisa kontrak hingga penampilan pemain itu sendiri,” ujar salah satu perwakilan dari tim CIES mengenai variabel yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Menurut penelitian tersebut, Neymar menjadi nama pertama yang keluar sebagai pemain termahal di dataran Eropa. Penyerang asal Brazil tersebut berharga 210,7 juta euro, dan menjadikannya pemain paling berharga diantara 110 pemain top yang berlaga di lima ajang terbaik di Eropa. Selanjutnya Dele Alli dan Harry Kane menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan masing-masing harga 155,1 juta euro dan 153,6 juta euro. Salah satu hal yang mengejutkan adalah Lionel Messi yang ‘hanya’ menduduki peringkat keempat dengan harga 151.7 juta euro.

Lebih mengejutkan lagi bahwa pemain yang berhasil mengantarkan klubnya menjuarai Liga Champions dan gelar La Liga musim 2016-2017, Cristiano Ronaldo, malah tidak termasuk dalam sepuluh besar pemain termahal di Eropa. Hasil survei menunjukkan bahwa Ronaldo berada pada peringkat ke sebelas dengan harga 112,4 juta euro. Beberapa pemain yang lebih berharga dari Ronaldo adalah Antoine Griezmann, Paul Pogba, Eden Hazard, Luis Suarez, Gonzalo Higuain dan juga Paulo Dybala.

Tidak hanya itu, hasil survei untuk Gareth Bale juga cukup mengejutkan, dimana pemain yang harus banyak absen karena cedera di sepanjang musim lalu tersebut tidak terlihat pada nomor awal survei. Bale terdampar di posisi ke-43 dalam daftar tersebut dengan harga 66.7 juta euro.

Salah satu faktor yang terungkap mengenai harga tinggi yang dimiliki Kane dan Alli adalah faktor usia mereka yang tergolong masih muda, selain itu bermain secara reguler dan memberikan kontribusi terbaik untuk Tottenham Hotspur juga memberikan andil mengapa mereka dihargai begitu tinggi pada penelitian tersebut.

Lain halnya dengan Messi dan Ronaldo, salah satu faktor yang membuat mereka tidak mendapatkan posisi tinggi adalah karena usia mereka yang tidak dapat dikatakan muda lagi. Tahun ini Messi telah menginjak usia 29 tahun sedangkan Ronaldo telah berkepala tiga yaitu 32 tahun. Hal inilah yang memiliki andil besar akan hasil peringkat mereka yang tidak termasuk dalam urutan teratas.

Banyak orang yang menterjemahkan nilai hanya sebatas materi semata, padahal nilai dapat diartikan dalam berbagai hal yang tidak dapat dihitung secara matematika. Nilai-nilai abstrak dari sesuatu hal terkadang justru merupakan hal yang lebih penting dari nilai materi dari sesuaru tersebut. Apalagi untuk mengukur kualitas seorang pemain, banyak sekali faktor yang menentukan hasilnya. Dalam kasus ini, CIES menggunakan nilai materi atau uang dalam perhitungan mereka yang diambil dari nilai transfer atau nilai jual pemain tersebut ketika ada transaksi penjualan di masa yang lalu. Secara keseluruhan kualitas seorang pemain sepakbola memang sulit untuk diukur dengan uang atau barang materi, akan tetapi pada akhirnya permainan mereka  di lapanganlah yang dapat menjadi garansi kualitas pemain tersebut.