5 Tim Favorit yang Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Piala dunia 2018 – Kurang dari setahun lagi, gelaran akbar Piala Dunia 2018 di Rusia akan dimulai. Akan tetapi, sejauh ini baru ada tiga tim yang memastikan diri dari 32 slot yang tersedia. Ketiga tim tersebut adalah tuan rumah Rusia, Brasil dan Iran. Selebihnya, babak kualifikasi masih berlangsung di semua konfederasi, mulai dari Eropa, Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Oseania.

Tapi jika melihat dari berjalannya babak kualifikasi, beberapa tim bernasib 180 derajat dengan tiga tim yang telah lolos. Bahkan tim-tim favorit terancam gagal lolos ke putaran final di Rusia, jika gagal memaksimalkan laga tersisa. Lantas tim-tim mana saja yang mungkin tidak akan ikut menyemarakan Piala Dunia tahun depan? Berikut daftarnya seperti dilansir Sportskeeda.

  1. Wales

Wales boleh dibilang sebagai tim kuda hitam terbaik di ajang Piala Eropa 2016 lalu. Puluhan tahun absen di turnamen akbar se-Eropa itu, The Dragons berhasil melangkah sampai ke babak semifinal. Sayangnya, mereka takluk dari Portugal di fase itu. Beberapa bintang mereka seperti Gareth Bale, Aaron Ramsey, hingg Ashley Williams, mampu mewujudkan apa yang selama ini diimpikan oleh masyarakat Wales.

Akan tetapi, perjalanan mengagumkan mereka di Piala Eropa 2016 itu berbanding terbalik dengan jalan terjal yang mereka hadapi di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Saat ini Wales bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara Grup D, setelah Serbia dan Republik Irlandia. Dengan hanya kurang dari lima laga tersisa, tentu Wales harus bisa selalu meraup poin penuh jika ingin berpeluang menembus putaran final di Rusia.

  1. Turki

Dalam beberapa tahun terakhir, performa timnas Turki memang sedang menurun. Hal itu sangat tidak sebanding dengan pencapaian mereka di Piala Dunia 2002. Saat itu Turki melenggang sampai ke babak semi final dan menempati peringkat ketiga. Tapi semenjak saat itu, prestasi mereka tak lagi bisa dibanggakan. Turki selalu gagal lolos ke putaran final Piala Dunia.

Saat ini, dengan generasi yang cukup potensial seperti Nuri Sahin, Emre Mor, hingga Cenk Tosun, Turki harusnya bisa berbicara banyak di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Tapi, mereka justru terjebak di urutan keempat Grup A. Peluang untuk lolos ke putaran final dengan minimal melalui play-off pun terbilang sulit. Turki masih berpeluang, tapi juga harus sambil berharap tim di atas mereka tersandung langkahnya.

  1. Kamerun

Sudah lama tidak ada negara Afrika yang bisa berbicara banyak di pentas Piala Dunia. Akan tetapi, gelaran Piala Dunia 2018 seharusnya menjadi momentum yang positif bagi Kamerun. Pasalnya, mereka baru saja menjuarai Piala Afrika 2017. Tapi justru saat ini Kamerun menjadi sorotan karena berada dalam kondisi di ujung tanduk.

Penggunaan pemain-pemain muda oleh pelatih Hugo Broos memang telah mengubah permainan Kamerun. Tapi di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, hal itu justru berbuah malapetaka bagi sang juara Afrika. Di fase grup, Kamerun dua kali bermain seri, masing-masing kontra Aljazair dan Zambia. Kini mereka tertinggal empat angka dari Nigeria. Dengan catatan, dari empat tim tersebut hanya ada satu yang akan lolos otomatis dari fase grup.

  1. Argentina

Pendukung Argentina memang sangat was-was dalam beberapa bulan belakangan ini. Mereka bisa saja gagal mentas di Piala Dunia 2018. Target meraih juara dunia pun mungkin akan sangat sulit, walau di edisi terakhir mereka bisa sampai ke fase final. Beruntung, sang mega bintang Lionel Messi membatalkan niat pensiun dari timnas. Jika tidak, mungkin skuat Albiceleste sudah makin berantakan saat ini.

Terakhir, Argentina memecat pelatih mereka Edgardo Bauza, dan merekrut pelatih anyar Jorge Sampaoli. Pelatih yang membawa Chile menjuarai dua edisi Copa America itu diharapkan bisa membawa dampak positif bagi Argentina. Dengan sudah Brasil sudah dipastikan lolos ke putaran final, maka kini peluang bagi tim lain pun makin menyempit. Empat laga tersisa harus disapu bersih Argentina.

  1. Belanda

Belanda selalu menjadi salah satu kandidat juara di tiap edisi Piala Dunia. Walau liga mereka tidak berada dalam jajaran liga top Eropa, tapi pemain-pemain berbakat asal Belanda tersebar di seluruh liga top Eropa. Mampu menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2014, prestasi Belanda justru mulai melorot di tahun berikutnya.

Diawali dengan gagalnya mereka melaju ke Piala Eropa 2016, kini Belanda kembali terancam gagal tampil di Piala Dunia 2018. Mimpi buruk itu berasal dari beberapa kekalahan tak perlu yang didapat Belanda sepanjang babak kualifikasi. Apalagi, mereka juga berada satu grup dengan dua tim unggulan, yakni Prancis dan Swedia.